Pojok Laras & Sekar #19: Yuk Nabung Biar Untung!

Nabung itu gampang, asal mau ngelakuinnya.

Tanggapan kamu (2) Pojok Laras & Sekar #19: Yuk Nabung Biar Untung!

Kenapa ya kak mau nabung tapi males, kaya pengen ngabisin duitnya - @Septianti

Hai @Septianti! Wah, kami juga pernah ada di posisi kamu :( Kamu tau gak kenapa bisa begitu? Karena kita kurang motivasi. Nah, biar semangat Springster punya nih tips biar kamu semangat nabung :D

Tulis tujuan kamu menabung.

Pikirkan hal yang kamu benar-benar BUTUH, bukan yang kamu ingin. Kalau kamu anaknya suka main musik, kamu bisa nabung untuk beli gitar demi meningkatkan kemampuan kamu dalam bermain musik, atau beli sepatu baru untuk mengganti sepatu lamamu yang sudah rusak, beli buku untuk mendalami matematika dan lain-lain.

Selain itu, biar bisa nabung, kamu harus bisa bedakan kebutuhan dan keinginan. Buat kita yang remaja misalnya, kebutuhan biasanya berkisar di jajan makan siang, ongkos ojek, buku, pulsa atau kuota internet atau hal apapun yang mendukung keperluan sehari-hari kamu. Sedangkan keinginan biasanya akan memberikan kamu kepuasan jangka pendek seperti hiburan, main di kedai kopi kekinian, minuman kekinian, dan lain-lain.

Terus ingat, kalau menabung enggak melulu buat beli barang atau untuk langsung dihabiskan saat sudah terkumpul. Kamu juga bisa menabung untuk dana darurat. Jadi kalau kamu misalnya kepepet butuh sesuatu kamu sudah punya uangnya dan gak perlu minta sama orangtua. Kalau udah begitu, secara perlahan kamu mulai bisa jadi anak mandiri. Selain itu menabung juga bisa jadi latihan buat kamu untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan uang.

Tentukan jumlah tabungan yang ingin dicapai sedetil mungkin.

Contohnya, kamu mau beli buku bacaan seharga Rp50.000, kamu bisa mulai dengan menabung Rp5.000 sehari selama 10 hari atau menabung Rp1.000 sehari selama 50 hari. Kmau bisa tentukan sendiri jumlah yang mau kamu tabung dalam satu hari.

Mulai dengan jumlah kecil.

Enggak apa-apa kalau kamu mulai dengan Rp500 atau Rp1.000. Ini masih lebih baik daripada tidak menabung sama sekali. Kamu bisa simpan tabungan kamu di celengan atau tempat lain. Taruh celenganmu di tempat yang mudah terlihat biar kamu selalu ingat untuk menabung. Tapi pastikan juga tempatnya aman yaa~

Mudah, kan? Jangan lupa dicoba yaa tips di atas! Kalau kamu punya tips lain seputar menabung, bagikan di kolom komentar yaa!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #19: Yuk Nabung Biar Untung!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ririn

Wowwww trnyata mnabung itu sangat bgus bgt yha jika nnabung kita bisa blik brang yg kita...

6 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Ririn! Terima kasih sudah membaca artikel Sprinsgter! Betul sekali! Ayo mulai menabung. Mulai...

6 bulan, 1 minggu yang lalu