Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Apa sih siskamling itu dan gimana kita bisa membuatnya?

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Siapa pernah denger tentang siskamling?

Mungkin kamu pernah denger ayah kamu ikutan siskamling dan kadang kalau malam, beliau gak akan tidur di rumah karena bertugas untuk ronda.

Ya, siskamling itu saat semua kepala keluarga di satu daerah memutuskan untuk berpartisipasi menjaga keamanan dengan meronda di malam hari.

Kamu juga bisa kok bikin siskamling kamu sendiri! Kayak yang aku bikin, tapi tentunya gak pake ronda saat malam. Gini nih caranya:

1. Kumpulin Temen

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Kamu gak bisa bikin siskamling kalau kamu gak punya tetangga! Jadi, kumpulin temen-temen yang rumahnya deketan sama kamu, dan tanya mau gak mereka ikutan siskamling.

2. Tulis Informasi Masing-masing Teman

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Siskamling berarti saling memperhatikan dan menjaga. Salah satu caranya adalah dengan menulis informasi tentang setiap teman, seperti nomor orang tua mereka, jadi kalau sesuatu terjadi ke mereka, anggota siskamling lainnya bisa menelepon orang tua mereka dan meminta bantuan.

3. Bikin Sistem Absensi

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Aku tanya semua orang di grup siskamling aku tentang jadwal mereka, kapan mereka biasanya sampai rumah. Terus, aku bikin grup di aplikasi pesan atau media sosial, dan aku taruh semua estimasi waktu kedatangan mereka di rumah, dan meminta mereka untuk mengabari grup ini kalau sudah sampai rumah dengan selamat. Kalau sudah melebihi estimasi waktu pulang seseorang tapi seseorang itu belom mengabari grup kami, aku akan mengabari orang tuanya.

4. Mengawasi Rumah Teman

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Kalau aku melihat orang yang gak dikenal nyamperin rumah temen aku, aku akan bilang mereka. Kalau aku mendengar suara mencurigakan dari rumah mereka, aku akan bilang mereka. Aku anggap, rumah mereka itu rumah aku juga. Tapi aku gak akan ngecek sendiri, aku akan selalu minta ditemanin orang yang lebih dewasa.

5. Percaya Satu Sama Lain

Yuk, Bikin Siskamling Ala Springster!

Ini penting banget. Sebelum aku dan teman-temanku bikin siskamling kami sendiri, kami setuju kalau kepercayaan itu penting. Aku harus percaya mereka, mereka pun percaya aku.

Gimana menurut kamu, girls? Apakah kamu bisa bikin siskamling kamu sendiri dengan teman-teman cewekmu? Kalau iya, gimana cara kamu bikinnya? Tolong share ke kami, dong!