Uh, Apa Harapanmu Gak Berlebihan?

Semua harapan yang gak masuk akal ini bikin aku tertekan

Uh, Apa Harapanmu Gak Berlebihan?

Hai! Kenalin, aku Revi! Sekarang aku pengen ngobrol bareng kakakku soal pacarku yang lagi sering nuntut dan bikin aku gak pede sama diri sendiri! Uh, Aku bingung, deh, harus ngapain? Tapi, habis ngobrol sama Kak Indi, aku jadi tau apa yang harus aku lakukan. Nih, hasil obrolanku sama dia:

R: Kak Indi! Aku boleh tanya sesuatu tentang hubunganku dengan pacarku gak?

I: Boleh, dong! Kamu mau tanya apa, nih?

R: Belakangan, pacarku minta aku untuk pake rok tiap jalan sama dia, padahal aku lebih nyaman kalo pake celana panjang. Emang aku salah, ya?

I: Kamu gak salah sama sekali, Revi. Kamu bilang aja ke dia kalo kamu gak nyaman. Kesukaan orang kan beda-beda!

R: Aku udah bilang dan aku udah minta maaf ke dia, tapi habis itu, kok, dia marah banget, ya…

I: Oh, ya? Apa katanya?

R: Katanya dia males liat aku karena aku gak kayak yang lain.

I: Percaya atau gak, orang kadang emang suka naro harapan lebih ke kita. Dulu mantan pacar Kak Indi juga gitu! Aku stres banget ngadepin dia yang dikit-dikit ngajak nikah. Padahal saat itu aku belum mau.

R: Iya? Terus Kak Indi gimana ngatasinnya?

I: Kak Indi coba obrolin dulu sama dia; kasih tau hal apa yang bikin Kak Indi gak nyaman dan gimana perasaan Kak Indi tiap kali dia ngomong gitu. Mudah-mudahan dia bisa ngerti.

R: Terus kalo gak bisa juga gimana, Kak? Aku udah stres banget karena bahas hal itu melulu. Aku sampe gak nafsu makan, lho, kalo ketemu dia.

I: Kamu bisa istirahat sejenak dari hubunganmu. Pake kesempatan ini buat mikir, apa iya kamu mesti nurutin harapannya yang berlebihan? Atau emang kalian gak cocok aja? Gak enak, lho, nurutin maunya orang lain padahal kita gak nyaman sama hal itu. Kalo emang udah gak bisa lanjut, jangan paksain dan pisah secara baik-baik, ya.

Kak Indi juga ngasih saran keren banget supaya aku bisa mulai ngobrol dengan baik sama siapa pun; terutama untuk ngobrolin hal penting kayak gini.

Katanya:

  • Pertama, aku mesti tau kapan aku bisa ngobrol sama orang yang pengen aku ajak ngobrol. Cari waktu terbaik untuk mulai dan lihat apakah mereka lagi sibuk atau nggak. Kalo gak sibuk, itu tandanya kita punya lebih banyak kesempatan untuk didengar.
  • Kedua, kita bisa nulisin pertanyaan-pertanyaan yang kira-kira bakal dilempar. Jadi kita juga bisa nyiapin jawabannya
  • Terakhir, dengerin apa kata mereka; pastiin kalo kita ngerti maksud mereka juga. Dengan kita dengerin mereka, kita gak cuma nerima apa yang mereka mau, tapi kita juga bisa nyusun argumen yang harus kita sampaikan. Percaya gak percaya, justru ini yang bisa bikin obrolan jadi enak.

Jadi, kapan pun aku harus menyampaikan suatu hal yang penting ke Kak Indi, atau Mama, atau Papa, atau guru di sekolah, atau siapa pun, aku bisa mulai dengan nyiapin tips ini!

Kamu pernah gak ngerasa stres gitu? Jangan cuma dipikirin, coba deh obrolin sama orang terdekatmu! Oh ya, apa kamu juga punya tips tentang gimana caranya minta saran ke orang-orang? Kasih tau di kolom komen, ya!