Tips Aman di KRL

Dan perjalananmu menyenangkan!

Tips Aman di KRL

Kamu yang setiap hari naik kereta, pasti merasakan manfaatnya banget ya; cepet, udah gitu gampang pula. Tapi, meski satpam ada di setiap sudut stasiun dan kereta, kamu tetap harus selalu berhati-hati walaupun kamu udah tau betul setiap sudut tempat tersebut. Cek deh, tips supaya aman di sini:

Taruh tas di depan badan

Duduk atau berdiri, sebaiknya taruh tasmu di depan dadamu, jadi bisa selalu kamu awasi. Jangan lupa tutup resletingnya rapat-rapat. Bukan cuma aman, tapi juga bikin kamu dan penumpang lain nyaman.

Pakai pakaian yang nyaman

Kereta bisa jadi sangat penuh sesak, dan kalau kamu pakai pakaian yang nyaman, kamu jadi bebas bergerak dan gak akan merasa sesak. Jaket jeans misalnya, kayaknya itu bukan luaran yang tepat deh.

Selalu waspada

Jangan bengong dan selalu perhatikan keadaan sekitar. Kalau bosan, kamu boleh mendengarkan musik pakai earphone, tapi jangan juga terlalu keras supaya kamu tetap bisa mengawasi keadaan sekitar. Kalau hal mencurigakan terjadi, tetap waspada!

Jangan takut untuk minta tolong

Saat terjadi sesuatu padamu, kamu mungkin akan ketakutan atau gak berani untuk minta tolong, dan mungkin banget juga suaramu jadi bergetar. It’s okay. Kamu harus yakin kalau orang-orang di sekitarmu pasti mau bantu. Gak akan ada yang berubah kalau kamu hanya diam saja, jadi kamu sebaiknya meminta bantuan sebisamu, jika memungkinkan dan aman.

Sebisa mungkin naik di gerbong khusus wanita

Ada setidaknya satu petugas keamanan di sana, jadi kamu bisa merasa lebih aman, juga cepat dapat respon apabila kamu butuh bantuan.

Tetap waspada dan jika mungkin, bepergianlah bersama temanmu. Apa kamu punya tips lain yang bisa kamu bagikan? Kak Sekar pengen tau deh, kasih tau di kolom komentar ya!

Kalau kamu butuh seseorang untuk diajak bicara, kamu bisa ke kolom konsultasi di sobatask.net. Jika kamu butuh bantuan, kamu bisa menelepon TePSA (Telepon Sahabat Anak) di 021-1500771.