3 Resep Kue untuk Lebaran Tahun Ini

Tiru resep turun temurun dari dapur nenekku!

Tanggapan kamu (10) 3 Resep Kue untuk Lebaran Tahun Ini

Hai, namaku Marsha! Mendekati lebaran, nggak afdol rasanya kalo kita nggak terjun ke dapur dan membantu ibu memasak kue lebaran! Sebelum ada Google dan tinggal cari resep kue apapun yang kumau, aku beruntung karena punya nenek yang cinta memasak dan punya resep turun temurun! Sekarang aku mau memasak 3 kue lebaran favoritku: lidah kucing, kastengel, dan putri salju. Yuk tiru resep kue lebaran spesial dari nenekku!

3 Resep Kue untuk Lebaran Tahun Ini

Lidah Kucing

Bahan yang diperlukan:
200 ml putih telur, 200 gr gula halus, 300 gr tepung terigu, 250 gr margarin, 2 sendok makan susu bubuk (opsional), 1 sdt vanili

Cara membuat:
1. Siapkan mangkuk dan kocok putih telur menggunakan mixer sampai kaku. 2. Di wadah yang berbeda, kocok margarin, gula, dan mentega hingga mengembang. Lalu tambahkan susu, tepung, dan vanili yang sudah diayak sebelumnya. Aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula. 3. Tuangkan sedikit demi sedikit putih telur ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Semprotkan adonan di atas loyang. 4. Setelah itu, panggang di oven dengan suhu 150 °C, jika sudah kuning keemasan, angkat, dinginkan sebentar, dan siap disajikan.

3 Resep Kue untuk Lebaran Tahun Ini

Kastangel

Bahan yang diperlukan:
150 gr butter, 150 gr margarin, 250 gr keju edam, 2 kuning telur, 25 gr tepung maizena, 25 gr susu bubuk full cream, 1/2 sdt garam, 450 - 475 gr terigu

Olesan: 4 kuning telur, 1 sdt air, 1/2 sdt minyak sayur, keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok mentega, margarin, garam halus, dan kuning telur. Masukkan parutan keju, lalu aduk sampai rata. Masukkan tepung secara bertahap. 2. Giling adonan dengan dialasi 2 buah plastik sampai ketebalan sekitar 0,75 cm. Potong menggunakan dengan kastengel cutter. Oleskan adonannya dengan kuning telur dan taburi keju parut. 3. Letakkan di loyang tanpa olesan margarin. Panggang dengan panas oven 150 °C. Tunggu sampai garing dan siap disajikan!

3 Resep Kue untuk Lebaran Tahun Ini

Putri Salju

Bahan yang diperlukan:
500 gr tepung terigu (ayak halus), 50-60 gr tepung maizena, 500 gr margarin, ½ sdt garam dapur, 3-5 butir telur ayam, 350-500 gr gula putih bubuk

Cara membuat:
1. Kocok 500 gr margarin dalam wadah besar hingga mengembang. Tambahkan 500 gram terigu dengan maizena, kocok sampai tercampur dan mengembang lalu tambahkan lagi dengan ½ sdt garam dapur. 2. Tambahkan adonan dengan 5 butir telur. Masukan satu persatu sambil tetap dikocok hingga rata. 3. Bentuklah adonan seperti bentuk kue putri salju (bulan sabit) atau bentuk lain sesuai selera. 4. Panggang adonan yang sudah dibentuk dalam oven dengan suhu ±170°C hingga ±15 menit lamanya sampai matang sempurna. 5. Angkat dan tuang di atas piring saji dan tambahkan gula putih halus untuk ditaburkan. Putri salju siap disajikan.

Seru banget ya masak kue lebaran bareng ibu! Apa kue lebaran favoritmu dan ibumu? Share dengan kami lewat komen di bawah!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Kastangel enak tuh

7 bulan, 4 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Iya, Kak Sekar juga suka! Apa kamu mau coba bikin kastangel buat lebaran tahun ini?

7 bulan, 4 minggu yang lalu
sari

Uhh kayak nya enak nih

11 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, sari! Cobain, dong resepnya ;)

11 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar