Temen Online Kamu Asli Gak Sih?

Gak ada salahnya untuk selalu berhati-hati

Tanggapan kamu (3) Temen Online Kamu Asli Gak Sih?

Punya banyak temen itu memang asik. Kamu bisa tuker pikiran, dapet inspirasi, juga eksplor hal baru.

Untuk kamu yang punya banyak temen online, ada yang harus kamu waspadai nih.

Kamu gak boleh sembarangan setuju untuk berteman sama orang lain di dunia maya, apalagi ketemuan sama mereka meskipun kamu udah kenal lama sama mereka di dunia maya.

Karena kamu gak pernah tau, apakah temen online kamu itu asli? Asli dalam arti, apakah mereka memberikan informasi yang benar tentang siapa mereka? Kamu gak mau dong informasi tentang kamu jatuh ke tangan yang salah? Mereka bisa aja mencuri identitas kamu, memanfaatkan pertemanan kalian, atau bahkan nyebarin hal-hal pribadi tentang kamu. Gak banget!

Makanya sebelum kamu accept friend request atau kamu janjian mau ketemu sama temen online kamu, ada yang harus kamu cek dulu.

Selidiki fotonya
Dia bisa aja pake foto orang lain dan ngaku-ngaku itu adalah dia. Untuk tau apakah itu dia beneran atau bukan, kamu bisa download salah satu fotonya, buka tab search image di Google, drag fotonya ke kolom pencarian, dan nanti Google akan nyariin foto yang sejenis seperti itu. Kalo taunya ada orang lain yang pake foto yang sama, tinggal kamu teliti mana profile yang asli. Tapi kalo dia dari awal fotonya udah foto Googlingan sih mending gak usah di-accept!

Selidiki interaksi dia dengan teman-temannya
Jangan lupa juga selidiki temen-temennya temen online kamu itu. Seperti apa mereka? Pertemanan seperti apa yang mereka punya? Apakah malah cuma kamu doang temen online yang dia punya? Wah kalo dari awal aja udah mencurigakan, mendingan gak usah di-accept!

Gak ada salahnya kan untuk selalu berhati-hati?
Temenan itu harus saling percaya. Bukan berarti kamu harus curigaan juga sih. Cuma kamu harus utamakan dulu keselamatan kamu ya.

Cobain deh mulai menyortir temen-temen di media sosial. Kalo gak ngerasa deket-deket amat, ya remove aja. Dengan begitu, kamu hanya akan berinteraksi dengan orang-orang yang kamu percaya dan bisa meminimalisir hal-hal gak mengenakkan yang mungkin terjadi ke kamu.

Gimana, berguna gak tipsnya? Komen di bawah ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

liviga

Brguna sekali. Bisa bantu buat nyelediki motif motif tipu tipu di medsos. Kita kan gk tau ya gmna...

9 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Iyaaaa~ kita harus selalu berhati-hati dalam menggunakan medsod, bener banget, liviga!

9 bulan yang lalu
@Epanayoy

Medsos makin ga jelas

3 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar