‘Suuuit, Neng Mau Kemana?’ dan Problema Lainnya

Jangan diem aja, ayo basmi pelecehan!

Tanggapan kamu (13) ‘Suuuit, Neng Mau Kemana?’ dan Problema Lainnya

Tadinya aku ngerasa, kalo digodain di jalanan oleh pria-pria gak dikenal, baiknya dicuekin aja. Apakah catcalling harus dibiarkan dan dimaklumi?

Catcalling adalah istilah saat perempuan dilecehkan dan diejek dengan nada genit oleh para pria saat perempuan lewat depan mereka.

Aku ngalamin ini sendiri. Seringkali pas aku lagi jalan sendirian dan melewati gerombolan pria...aku digodain! “Ceweeek, suit-suit. Mau kemana? Cantik-cantik kok jutek,” teriak mereka sembari menyiulkan aku.

Jujur aku gak nyaman tapi takut, jadi aku diem aja. Begitu pula kata teman-temanku.

“Cuekin aja, nanti juga mereka diam. Kalo kamu ngerespon, mereka malah seneng.”

“Sudah biasa itu mah.”

Tapi lama-lama aku gak bisa diam aja! Kalo begini terus, mereka bakal pikir kalo ini normal dan sudah sewajarnya emang cewek jadi korban. Jangan merasa bersalah, ini trik-trik yang aku baca dapat mengubah keadaan.

Aku beranikan diri untuk berbalik merespon.

Pas mereka mulai berisik menanyakan apa kabarku, aku tatap mata mereka dan jawab, “Saya baik-baik saja, ada masalah apa?” atau “Saya dalam perjalanan ke sekolah, permisi dulu ya.” Pas mereka mengomentari penampilanku, aku bilang, “Hei, saya risih nih, jangan berkata seperti itu tentang saya.” Atau, kalo sudah kelewatan ingatkan mereka, “Kalian bakal ngomong gitu ke adik perempuan kalian gak? Ibu atau anak perempuan kalian? Gak kan? Saya sama-sama perempuan, tolong pikir lah.”

Berikan respon tak terduga ke mereka dan bikin mereka jera dan malu atas tindakan mereka, jangan cuma pasrah. Jangan nunduk, berjalanlah tegap, berani dan bersuara dengan lantang.

Tentu aja, keamanan jadi prioritas nomor 1, gak ada gunanya mencoba berteriak balik ke mereka kalo kamu gak merasa aman saat melakukannya. Tapi kalo kamu udah yakin, kamu beranikan diri karena udah capek ngadepinnya, gak ada salahnya kamu nyoba cara-cara di atas.

Apakah kalian ada trik sukses lainnya? Share di kolom komentar ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Stuju aku dengan cara di atas .kita sebagai perempuan ghak boleh dian aja. Kita harus BERANI

1 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Anonim! BETUL SEKALI!! Semoga artikel ini membantu kamu yaaa!

1 bulan, 1 minggu yang lalu
Dhewi

Aku Setuju Tentang Ini..... Seorang Cewek Harus Berani Seperti Itu... Jangan Diam Dan Cuek Saja...

10 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Dhewi! Ya, betul! Terima kasih yaaa sudah mengutarakan pendapatmu ;) Ajak teman-temanmu untuk...

10 bulan, 2 minggu yang lalu
Kak Sekar - Admin

Hai Dhewi! Ya, betul setuju sekali yuk ajak teman-temanmu yang lain untuk sadar akan hal ini ;)

10 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar