Stop Jadi Konsumtif!

Stop Jadi Konsumtif!

Stop Jadi Konsumtif!

Apakah kamu pernah ngerasa kayak kamu punya kebanyakan barang yang sebetulnya gak kamu butuhkan? Misalnya, pagi ini aku baru sadar, aku punya 4 pensil di kotak pensil. Aku gak ngerti kenapa aku punya 4 pensil, kan, cukup cuma punya 2 aja. 1 aku pakai buat sehari-hari, 1 lagi buat cadangan. Jadi, bisa hemat uang tanpa beli 2 pensil lainnya lagi.

Iya, Olla! Coba, deh, mulai sekarang tabung uangmu dan hindari perilaku konsumtif! Oke, oke! Kamu tau gak, kemarin aku tanya kakakku yang SMA. Bulan lalu dia baru beli gitar pakai uang tabungannya. Aku mau ngikutin jejak dia, sampai aku bisa beli sesuatu yang aku inginkan juga!

Nih, tips buat nabung dan nggak jadi terlalu konsumtif:

  • Aku dapat Rp5.000,00 setiap hari buat bekal sekolah. Dengan uang segitu, aku bisa beli 5 tahu dan tempe buat makan siang sehat. Tapi, aku udah kenyang dengan makan 2! Jadi, aku akan beli 2 aja, dan tabung sisa uangnya. Emang nggak banyak, sih, tapi penting, lho, buat mulai nabung berapa pun jumlahnya.
  • Kalo aku harus beli pensil baru, aku akan beli karena aku BUTUH. Iya, jadi kalo aku masih punya 1 pensil yang aku pakai setiap hari dan 1 pensil cadangan, gak ada gunanya buat beli yang baru lagi.
  • Aku akan mikir dua kali saat mau beli barang--apakah aku bener-bener butuh? Atau masih bisa digantikan sama yang lain? Kayak, misalnya aku butuh untuk makan makanan berprotein, kalau daging terlalu mahal, aku bisa beli tahu dan tempe! Tahu dan tempe itu sehat, enak, dan murah!

Mulai sekarang aku gak akan konsumtif lagi! Uang yang aku simpan bisa aku masukkan ke celengan! Jadi nanti aku bisa beli buku favoritku, deh! Gimana? Ceritaku bikin kamu pengin nabung juga nggak?