Sedikit Demi Sedikit Lama Lama Banyak Duit!

Resolusi baru biar uang Lebaranmu nggak cepat habis.

Tanggapan kamu (17) Sedikit Demi Sedikit Lama Lama Banyak Duit!

Ini nih momen yang paling dinanti-nanti. Selain Lebaran adalah momen yang tepat untuk mendekatkan diri ke keluarga besar, Lebaran juga jadi saat yang bikin kalian senyam-senyum antusias nungguin suatu berkah besar yang datang dalam sebuah amplop kecil. Yak betul. A-N-G-P-A-O! Kalian pasti anteng banget berdiri lama sambil salam-salaman kalo dapet angpao, ya nggak?

Uang angpao yang kalian dapat setiap tahunnya lumayan banget buat ditabung lho! Apalagi kalo kalian belum bisa menghasilkan uang sendiri. Yuk, bijak dalam mengolah uangmu. Gimana caranya? Simak cara-cara berikut ini!

Tabung di celengan, jangan di dompet
Ini salah satu trik klasik yang patut kalian coba. Emangnya hari gini masih ada yang jual celengan? Coba jalan-jalan ke pasar deh. Pasti masih ada lah yang jual. Kenapa harus di celengan, tanyamu? Ya karena bakal lebih nggak tergoda. Coba bayangin ada 3 lembaran lima puluh ribuan di dompetmu… Yakin deh pasti akhirnya dijajanin! Kalo mau niat ya, taro celenganmu di dalam laci yang bisa digembok, terus gemboknya lempar ke bawah lemari. Atau, taro celenganmu diatas lemari baju. Ya pokoknya cari jalan agar tangan kalian nggak jahil buat ngambil uang tabungan!

Tabung ke Ibu atau Ayah
Buatlah daftar kebutuhanmu, contoh: beli ransel baru, buku-buku untuk semester depan, dll. Nah sisa uangmu bisa ditabung ke kedua orangtuamu. Diskusikan ke orangtuamu tentang cara membelanjakan sebagian uang Lebaranmu ini. Kalo emang dipakai untuk kebutuhanmu ya nggak apa-apa. Tenang, mereka orangtuamu, mereka pasti tau yang terbaik untuk kamu. Karena ini adalah hasil yang kamu dapatkan, ya tentu aja uang ini sepenuhnya milikmu!

Jangan lupa bayar utang
Ini nih. Kadang kita minjem uang teman tanpa mikir. Pas jam istirahat, mau beli es doger lupa bawa dompet? Utang ke Mita. Lagi naik angkot nggak ada uang kecil? Utang ke Farah. Wew, nanti kamu bisa dijauhi temen lho kalo gini terus.. Mungkin niatnya kamu bakal bayar nanti, tapi namanya juga manusia bisa aja kelupaan! Jadikan keberadaanmu sebagai berkah, bukan musibah bagi orang lain. Lain kali, simpanlah catatan atau tulis aja di notes HPmu. Mumpung ada pemasukan uang lebih, yuk lunasin!

Beramal
Uang yang kalian dapat ini adalah rezeki loh. Bersyukur dengan yang kalian punya dan salurkan sedikit untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan. Percaya deh, beramal atau menyumbang nggak bakal bikin kalian rugi. Justru semakin pelit kalian, bakal seret rezeki. Kebahagiaan akan terasa semakin nyata saat kalian berbagi. Melihat senyum dan tawa orang lain karena pemberiaan kita merupakan nutrisi yang baik bagi jiwa :)

Angpao yang menumpuk setelah Lebaran emang bakal bikin sumringah, tapi bisa aja cepet abisnya kalo kalian nggak teliti dan disiplin mengendalikan diri! Dengan ngikutin cara-cara diatas kami harap kalian jadi lebih cerdik dalam mengendalikan uang!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Tan

Makasih buat tipsnya kak

9 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Sama-sama, Tan! Semoga berguna buatmu, yaaaa!

9 bulan yang lalu
Tan

Ok👍

8 bulan, 2 minggu yang lalu
Dhewi

Aku Mah Pas Lebaran Ajah Aku Tetap Menabung Dan Sebelum Lebaran Aku Juga Udah Beli Celengan Untuk...

10 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, Dhewi! Wah, ide kamu oke juga. Betul juga, yaa, saat lebaran kita pasti dapat uang saku dari...

Baca selengkapnya 10 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar