Saatnya Cinta Sama Diri Sendiri

Saatnya coret daftar hal yang kamu benci dari dirimu

Tanggapan kamu (12) Saatnya Cinta Sama Diri Sendiri

Aku punya daftar yang isinya beberapa hal-hal yang aku benci dari diriku sendiri. Oke, bisa mulai dari mana nih?

Aku benci karena mataku nggak berkelopak. Aku benci alisku yang aneh. Aku benci perutku yang nggak kenceng. Kakiku juga aneh, aku jadi nggak pede tiap pake sandal. Ada satu lagi di daftar itu:

Aku emang nggak pantes dapet hal-hal yang nyenengin dalam hidupku.

Aku terus-terusan nyalahin diriku tiap ada kejadian buruk yang menimpaku. Kayak, cowok-cowok yang malah sering ngejahilin dan bukannya suka sama aku. Aku sampe udah nyerah dan mikir kalo aku emang nggak pantes buat disukain atau diajakin jalan sama cowok. Dan saat ada cowok yang ngedeketin aku, aku masih aja mempertanyakan ini ke diriku sendiri, “Apa sih yang dia sukain dari aku? Aku tuh nggak cantik. Apa sih yang dia cari? Dia tuh cuma ngedeketin aku supaya PRnya bisa aku kerjain ya? Hmmm maaf maaf aja nih! Nggak bakal.”

Tapi, aku bukan lagi aku yang dulu. Aku nggak mau jadi cewek itu lagi. Tapi kadang aku masih ngerasa kalo bayang-bayang itu nggak bisa lepas dari aku.

Langkah pertamanya adalah coba buat berhenti. Berhenti mikir kalo kamu tuh nggak suka sama tubuhmu. Mulai pikirin tentang hal-hal yang bisa kamu syukuri. Mulai pikirin hal-hal yang kamu suka dari dirimu. Ulangi itu. Terus ulangi keras-keras. Coba bangun lagi rasa percaya dirimu, ga perlu kamu pertanyakan lagi deh. Coba buat cintai dirimu tanpa syarat.

Ngomong emang gampang sih, tapi buat ngelakuinnya susah ya? Ya, emang gitu kok.

Tapi susah itu bukan berarti semuanya nggak mungkin.

Bisa nerima dirimu sendiri itu butuh waktu dan kerja keras. Karena ini adalah tentang gimana kamu bisa dengerin hati dan tubuhmu. Apa sih yang hati dan tubuhmu perluin? Apakah mereka lagi butuh bicara? Apakah mereka lagi butuh nulis? Apakah mereka lagi butuh ketawa? Jawabannya emang nggak mudah, tapi itu semua balik lagi ke dirimu sendiri.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Dhewi

Aku Cinta Sama Diri Sendiri Itu Apa Adanya...

11 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hey, Dhewi! Terima kasih atas pendapatmu, setuju banget :D Makasih ya udah mengutarakan pendapatmu,...

11 bulan, 2 minggu yang lalu
wahyu

Ketik komentarmu disini...komentar selalu ilang.bersyukurlah diri sendiri.

1 tahun, 3 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Betul sekali, Wahyu! Kita sebaiknya bersyukur atas apa yang diberikan ke diri kita, dan juga...

1 tahun, 3 bulan yang lalu
Tampilkan komentar