Rumah Kita Bukan Habitat Mereka

Apa yang harus kita lakukan kalo kita lihat binatang yang dilindungi dijual?

Tanggapan kamu (2) Rumah Kita Bukan Habitat Mereka

Suatu hari, ayahku membawaku pergi ke sebuah pasar hewan yang terkenal di kotaku, sampai kemudian aku melihat hewan kecil berbulu gelantungan di tangan seseorang.

Aku kaget, seseorang itu ternyata penjual hewan dan dia sedang mempromosikan kukang yang dia jual ke orang-orang yang lewat.

Aku jadi ingat, aku baca buku tentang kukang di perpustakaan minggu lalu, kalau ternyata kukang itu hewan yang dilindungi jadi kita gak boleh memperjual-belikannya. Aku bilang deh ke ayah aku soal itu, dan ayah aku bilang aku bisa melakukan beberapa hal untuk membantu hewan-hewan itu.

Pertama, ayah bilang untuk memfoto bukti dan menulis tentang detailnya, misalkan, lokasi pasarnya, tanggal, dan waktu. Setelah itu, kita sebenernya bisa melaporkannya ke www.lapor.go.id/ ini adalah layanan aspirasi dan pengaduan online yang dikembangkan oleh staff kepresidenan, kementrian PANRB, dan Ombdusman Republik Indonesia.

Kedua, jangan beli mereka. Kalau ditawarkan, bilang aja kamu gak tertarik. Membeli mereka berarti menciptakan pasar, dan membuat mereka akan terus dijual oleh orang gak bertanggung jawab.

Ketiga, cari tau tentang hewan-hewan yang dilindungi di Indonesia, lalu bersama teman-temanmu, bikin poster yang berisi daftar hewan itu dan apa yang harus kamu lakukan untuk membantu mereka, seperti yang ayah aku bilang ke aku! Tempel aja posternya di mading sekolah, atau kasih tau guru dan teman-temanmu tentang ini.

Aku lega, ternyata aku bisa melakukan sesuatu untuk menolong hewan-hewan itu. Besok aku mau bikin posternya ah, sama teman-teman! Ayahku pun akhirnya membelikan aku sepasang ikan mas koki.

Jadi, hewan apa nih yang kamu suka sebagai peliharaan, dan tentunya aman dipelihara? Share hewan peliharaan favoritmu di sini, yuk!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@yuafitria_7990

Setuju........... :) Mereka juga berhak hidup bebas

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo halo @yuafitria_7990, betul, terima kasih sudah membaca artikel ini, baca artikel lainnya yuk!

1 tahun yang lalu