Pojok Laras & Sekar #9: PD-ku, PD-mu Juga

Bahu-membahu meraih kepercayaan diri

Tanggapan kamu (8) Pojok Laras & Sekar #9: PD-ku, PD-mu Juga

Hai Kak Laras & Kak Sekar! Aku punya temen nih kak, tapi dia orangnya pendiem banget, gimana ya kak supaya bikin dia pede? - @SitiMulyani31

Halo, SitiMulyani31!

Baik sekali kamu, ingin membantu temanmu meraih kepercayaan diri :)

Untuk membantu temanmu itu, kamu bisa mulai dari hal sederhana seperti:

Berikan apresiasi/pujian

Biasanya, orang kehilangan kepercayaan diri karena tidak mendapat apresiasi/pujian/pengakuan dari orang-orang di sekitarnya, sehingga dia tidak merasa dirinya berharga. Sekarang, kamu bisa mulai memujinya tiap dia melakukan hal baik, dan bilang ke dia kalo itu bagus banget! Beri dia senyuman termanismu! Dan juga semua jempolmu!

Berikan contoh

Saat bersama temanmu, kamu bisa mencoba menunjukkan contoh baik: gimana cara berbicara dengan orang lain, gimana cara menyatakan pendapat, atau gimana cara menyampaikan keinginan, sehingga dia bisa melihat contoh dan mungkin, memberanikan diri untuk melakukannya juga.

Cari hobi bersama

Biasanya juga, orang yang tidak punya kepercayaan diri karena dia tidak merasa punya bakat/keahlian, sehingga merasa dirinya lebih rendah dibanding orang lain. Maka, dengan mencari hobi, temanmu (dengan bantuanmu) bisa mulai meraih keahlian yang bisa membuat dirinya bangga dengan dirinya sendiri.

Dukung selalu!

Yang paling penting, kamu harus selalu mendukung temanmu. Jangan juga menuntut dan memaksanya karena dia bisa merasa gak nyaman, mundur, dan malah semakin rendah diri. Tunjukkan kalo kamu selalu mendukung dia!

Kamu bisa baca bareng artikel Springster tentang cara menerima pujian ini atau artikel ini tentang cara mengungkapkan opini bareng-bareng sama teman kamu!

Semangat ya, semoga kamu bisa membantu temanmu meraih kepercayaan diri!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras & Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #9: PD-ku, PD-mu Juga

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@lin

Hai kak mau nanya nih gimana ya caranya kita itu mendapat sahabat yang baik yang menerima kita apa...

Baca selengkapnya 4 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, @lin! Terima kasih sudah bertanya di Pojok Laras & Sekar! Jika pertanyaanmu terpilih, nanti...

4 bulan, 1 minggu yang lalu
@lin

ceritanya menginfirasi

4 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, @lin! Terima kasih sudah baca artikel ini :) Baca juga artikel lainnya yaaaa

4 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar