Pojok Laras & Sekar #8: Perjalanan Menuju Mimpi dan Masa Depan!

Jurusan kuliah apa yang harus aku pilih? Kerjaan apa yang harus aku ambil?

Tanggapan kamu (16) Pojok Laras & Sekar #8: Perjalanan Menuju Mimpi dan Masa Depan!

Kak gmana caranya supaya bisa tau jurusan kuliah yg sesuai dgn kta?. Pekerjaan yang cocok buat lulusan SMA yg bsa dlakuin smbil nunggu SBMPTN taun dpan? - @dts_dyati

Hai, @dts_dyati! Terima kasih, ya, udah ngirim pertanyaanmu! Menurut Kak Laras & Kak Sekar, nih, ya, penting banget buat kita untuk punya mimpi, soalnya kita bisa jadi apa aja kalo kita bener-bener usaha untuk menggapainya! Ada banyak cara kita bisa meraih mimpi juga. Salah satunya dengan gak pernah putus asa! Jadi, kami seneng banget, nih, denger kamu mau lanjut belajar ke jenjang selanjutnya!

Sebenernya, kalo kita mau nentuin jurusan kuliah, ini berhubungan sama mimpi apa yang kita punya dan gimana cara kita mau menggapainya. Contoh, kalo kita punya mimpi untuk jadi jurnalis, kita bisa pilih jurusan Komunikasi, Ilmu Politik, atau Sastra Indonesia, lalu fokus ke kelas-kelas jurnalistik.

Kita juga bisa milih jurusan berdasarkan hal-hal yang kita sukai atau hobi kita; kalo kita suka banget bermusik, atau nonton film, mungkin kita bisa pilih jurusan seni. Tapi, kalo kita gak ada hobi spesifik, coba liat mata pelajaran apa yang kita kuasai pas sekolah. Kalo misal kita jago PKn, kita bisa coba ambil jurusan Hukum.

Penting juga buat lihat apa yang orang-orang butuhkan sekarang--apa mimpi yang kita punya bakal berguna untuk masyarakat? Sekarang budaya digital lagi populer banget, dan orang-orang butuh ahli dalam bidang ini. Kita bisa pilih jurusan Ilmu Komputer untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, lho.

Oh, terus untuk jawab pertanyaan keduamu, ini beberapa kerjaan yang bisa kita lakukan sebelum masuk kuliah--yang mungkin cocok sama prospek karier dan mimpi kita!

1. Kerja lepas

Banyak dari kita yang punya mimpi buat jadi digital nomad, alias pekerja lepas yang melakukan semuanya secara online--dan kerjaan kayak gini cocok buat orang-orang yang punya banyak keahlian (gak cuma buat mereka yang udah lulus dari universitas). Kalo kita punya koneksi yang luas dengan orang-orang, kerjaan ini cocok banget buat kita! Kita bisa jadi pekerja lepas yang sesuai dengan keahlian kita; kayak penulis, seniman, atau fotografer. Kunci untuk kerja sebagai pekerja lepas itu harus pede dan gigih cari proyekan! Sekarang kita malah bisa registrasi ke Sribulancer buat cari-cari proyek, lho.

2. Entri data

Kalo kita punya mimpi buat jadi orang yang bisa ngatur hal-hal dengan baik, kita bisa kerja sambilan sebagai petugas entri data. Eits, jangan salah, buat jadi pengentri data, butuh kemampuan manajemen juga, lho. Mungkin, sebelum kuliah kita bisa kerja seperti ini dahulu, terus nanti kuliahnya ambil jurusan manajemen! Siapa tau keterusan buat jadi manajer!

3. Jaga toko

Nah, ini nih buat para calon pengusaha! Sebelum masuk kuliah, kita bisa bantu orang lain jalanin usaha mereka. Kita bisa ikutan jaga warung Bibi atau ikut usaha apa aja yang kita suka, kayak kerja buat online shop di Instagram. Sementara kerja sambilan gini, kita bisa ngeliat dari deket gimana orang-orang ngatur usaha mereka. Jadi, nanti selesai kerja, kita bisa meniru kesuksesan orang lain!

Mudah-mudahan artikel ini bantu kamu dalam menentukan jurusan, nyari kerjaan yang cocok buat masa depan, dan bikin kamu tambah pede dalam menggapai mimpi, ya!

(Ohya, kamu juga bisa baca artikel Springster yang ini -Kita Juga Bisa: Dari Layar Komputer Sampai Layar Lebar - dan - Kita juga bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa - buat nyari-nyari mimpi apa yang cocok sama kamu!!)

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #8: Perjalanan Menuju Mimpi dan Masa Depan!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Mylk

SPRINGSTER itu apa?

3 hari, 20 jam yang lalu
Syifmal28

Ka,aku pengen banget jdi dokter,tpi kan kuliah nya itu mahal,kerja apa yang bisa dilakuin sambil...

2 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Syifmal28! Sebelum kerja, kamu masih bisa kok usahain untuk dapat beasiswa seperti beasiswa...

Baca selengkapnya 2 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar