Pojok Laras & Sekar #5: Aku Pendiam Tapi Aku Punya Suara

Karena diam-diam menghanyutkan

Tanggapan kamu (6) Pojok Laras & Sekar #5: Aku Pendiam Tapi Aku Punya Suara

Hai Kak Laras dan Kak Sekar, aku punya pertanyaan nih. Jadi aku itu anaknya pendiam banget dan karena aku pendiam orang-orang jadi canggung dekat denganku. Gimana ya cara mengatasinya? - @caramel

Hai @caramel! Kepribadian kita itu kadang sulit dimengerti. Sering juga bisa bikin kita bingung dan bertanya-tanya tentang diri kita sendiri. Kami ngerti, buat memahami semua ini emang nggak mudah kok.

Tapi, biar lebih gampang bicara dengan orang lain, kita harus hilangin semua perasaan-perasaan ini dan pede sama diri kita sendiri!

Ini saran kami biar bisa luwes bercakap-cakap:

  1. Waktunya berkelana! Coba deh pergi keluar dan gabung sama komunitas seru di sekitarmu. Perbanyak teman-teman baru. Hal ini bkal bikin kamu belajar gimana caranya bercakap-cakap dengan orang yang berbeda-beda. Dengarkan cerita mereka dan belajarlah dari cara mereka menyampaikan cerita-cerita itu ke kamu. Sedikit demi sedikit, yakin deh kamu pasti juga bisa berbagi ceritamu sendiri.
  2. Diam bukan berarti nggak punya suara Kamu bisa berpendapat dan memberi tau apa yang ada di pikiranmu. Tapi, gimana cara buktiinnya? Keraskan volume suaramu-- bukan dalam artian marah-marah, ya! Bicara dengan percaya diri dan jangan takut. Kamu bisa melakukannya dengan latihan lewat membaca artikel yang pernah kami tulis di sini (lihat link di bawah artikel ini, ya!).
  3. Pikir-pikir dulu Saat seseorang menanyakan sesuatu ke kamu, coba pikir dulu deh lalu coba jawab. Mungkin aja semua jawabannya udah ada di kepalamu, tapi kamu cuma terlalu malu buat mengutarakannya. Coba deh latihan, sedikit demi sedikit!

(Pssst.. Kamu juga bisa baca artikel Springster ini agar tau cara memulai percakapan yang baik dengan orang lain, atau ini untuk membantumu berbicara di depan umum)

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras & Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@SitiMulyani31

Hai Kak Laras & Kak Sekar aku punya temen nih kak, tapi dia orangnya pendiem banget, gimana ya kak...

1 tahun yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, @SitiMulyani31! Terima kasih sudah menyampaikan keresahanmu tentang temanmu! Go go, girl squad!...

Baca selengkapnya 1 tahun yang lalu
@Septianti

Hai kak sekar & kak laras aku mau cerita nih.. Aduh gimana ya kak aku tuh suka nerfes,grogi gitu...

Baca selengkapnya 1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai hai @Septianti, tidak usah merasa sedih dengan bentuk tubuhmu, kamu bisa baca artikel ini...

Baca selengkapnya 1 tahun yang lalu
Tampilkan komentar