Pojok Laras & Sekar #4: Tips Lawan Rasa Malu

Dari pemalu jadi pede melulu, gimana ya caranya?

Tanggapan kamu (36) Pojok Laras & Sekar #4: Tips Lawan Rasa Malu

Hai Kak Laras dan Kak Sekar! Aku mau tanya nih, gimana sih cara melawan rasa malu kita untuk tampil di depan umum? - @Cassey_evelyn

Pertama-tama, ya emang sih malu dan nggak percaya diri itu beda-beda tipis. Rasa malu bikin kita jadi susah bicara atau ngerasa nggak nyaman, bahkan bikin kita hilang rasa pede. Apalagi ngomong di muka umum, seperti ceritamu. Kami ngaku deh, kadang emang susah banget ngomong di muka umum, baik itu buat presentasi atau sekadar ngutarain pendapat kita. Tetapi, kabar baiknya rasa malu bisa kita atasi, lho!

Inilah tips spesial dari Laras&Sekar buat menangkal rasa malu dan gampang bicara di depan umum!

Sebelum itu, tentu aja kamu harus buang rasa malumu jauh-jauh. Kamu harus percaya kalo kamu punya keberanian buat bicara. Coba inget-inget deh saat terakhir kali kamu sukses bicara di depan umum. Terus pertahanin hal yang bikin kamu berhasil dan coba lebih baik lagi.

Lalu, jangan lupa bikin notes sebelum mulai ngomong di depan umum. Cari tau segala hal tentang materimu. Cari tau sana-sini dan bikin riset sebelumnya. Pokoknya pastiin kalo materimu itu berasal dari sumber yang benar.

Terus, jangan lupa latihan. Coba mulai latihan sama teman atau saudaramu. Hal ini bakal ngebantu kamu lebih lancar bicara di depan banyak orang.

Jangan lupa, buat menghafalkannya pake istilahmu sendiri, jadi kamu bakal lebih mudah ingat dan ngerasa pede buat membicarakannya di depan umum.

Saat hari H, coba anggap bahwa penontonmu adalah sahabatmu. Bicaralah seolah-olah kamu lagi ngomong ke sahabatmu sendiri. Jadi kamu nggak akan menghindari kontak mata dan bisa sesantai saat lagi cerita ke sahabatmu sendiri.

Yang penting percaya diri. Keluar dari zona nyamanmu dan berinteraksilah sama penonton. Sapa mereka dan jangan hindari kontak mata. Pikirin bahwa kamu adalah aktris yang kece. Pokoknya semakin bisa kamu akting bisa dan mempraktekannya, lama-lama bakal jadi terbiasa!

Semoga, tips ini bisa membantu kamu berubah, dari pemalu, jadi pede melulu! Kamu pasti bisa!

(Pssst.. Kamu juga bisa baca artikel Springster ini untuk tau cara bicara di depan umum, atau ini agar tau cara memulai percakapan yang baik dengan orang lain!)

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #4: Tips Lawan Rasa Malu

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ericaca

Kak aq hobi nyanyi dangdut suara juga lumayan tapi aq gak berani buat naik panggung rasa malu dan...

4 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Ericaca!!! Waaah kayanya kamu harus baca tips PD dari Springster. Semoga demam panggungnya bisa...

4 bulan yang lalu
Mylove

Kak.bagaimana sih caranya ketika kita berpendapat dalam diskusi.pendapat kita bisa diterima.

1 tahun yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Mylove! Dalam berdiskusi, penerimaan dan penolakan pendapat itu biasa terjadi, kok. Yang...

Baca selengkapnya 1 tahun yang lalu
Tampilkan komentar