Pojok Laras & Sekar #24: Nabung dari Uang Jajan 5 Ribu

Kamu pasti bisa kalau kamu mencoba

Tanggapan kamu (2) Pojok Laras & Sekar #24: Nabung dari Uang Jajan 5 Ribu

Kak aku seharinya cuma dikasih uang jajan 5k. aku pengen banget nabung, biar klo ada kebutuhan yang bisa di beli sendiri gak usah minta ortu lagi. padahal aku pulang sekolah sampe jam 3sore.:( - irana

Hei, irana!

Wah, bagus sekali kalau kamu mulai berpikir untuk menabung.

Nabung itu banyaaak banget manfaatnya. Seperti yang kamu bilang, kalau kamu ada keperluan mendadak, kamu bisa pakai tabungan tanpa minta ke orang tua.

Inget gak, istilah “Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.”? Gak masalah jumlahnya, sedikit pun, kalau dikumpulkan dengan kesabaran, pasti akan bertambah juga.

Gini nih caranya supaya semangat nabung:

  • Tentukan target! Kalau kamu udah punya target tabungan, kamu pasti jadi lebih semangat untuk nabung.
  • Pakai celengan, deh. Tapi gak perlu sengajain beli yang baru, kamu bisa pakai kardus bekas, atau botol bekas. Bisa kamu hias-hias pula kan ;)
  • Usahakan bawa bekal. Kalau kamu butuh dua kali makan di sekolah, bawa dua porsi. Boleh menu yang sama, atau beda, sesuaikan dengan seleramu.
  • Bawa air yang banyaaaak! Jadi kamu gak usah jajan es atau minuman manis yang kandungan gulanya berlebihan.
  • Bawa cemilan dari rumah. Bisa buah-buahan kayak pisang, atau mungkin kamu bisa bikin pudding sendiri. Jadi kamu bisa hemat jajan juga pas lagi jalan sama teman.
  • Juga, dibandingkan pergi ke mall, makan di kafe atau di restoran sama teman, atau nonton film setiap weekend, gimana kalau mainnya di rumah aja? Bisa tuh gantian, sekarang di rumah siapa, besok-besok di rumah temanmu yang lain. Seru juga lho, bisa main board game, nonton film, atau berkreasi DIY. Pasti akan lebih seru!

Nabung dari uang jajan yang dikasih orang tua tentu akan bikin kamu punya uang lebih, tapi kamu juga mau tau kan gimana cara membuatnya jadi lebih bertambah lagi?

Cobain buka bisnis, yuk! Mau jual apa? Nah, cari aja hal yang paling dibutuhkan sama teman-temanmu. Apakah mereka seneng banget jajan minuman segar? Bikin es mambo dari buah, dan taruh di kotak es kecil. Atau mereka selalu kehilangan pulpen? Kamu bisa coba beli satu pak pulpen, karena biasanya itu lebih murah. Lalu kamu jual satuan dengan harga yang sama seperti yang dijual di koperasi sekolah. Malah kalau kamu tetep dapet untung dengan jual lebih murah, itu lebih bagus lagi! Asal jangan sampai rugi. Kalau mau ide bisnis lainnya, kamu bisa baca di artikel-artikel Do It For Duit di Springster.

Berawal dari yang kecil. Meski cuma 1000, 2000, atau malah 100, gak perlu malu! Nabung akan susah kalau kamu terlalu pikirin. Begitu kamu udah mulai, pasti akan jadi mudah. Hanya perlu lanjutkan dan tetap semangat!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian enggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras & Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Kayaknya susah banget deh kak... Setiap pagi kaya nggak ada waktu buat bikin sarapan dan bekal Ke...

2 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Anonim! Kalau bangunmu kurang pagi, kamu bisa bangun lebih pagi buat nyiapin sarapan, atau kamu...

Baca selengkapnya 2 bulan, 1 minggu yang lalu