Pojok Laras & Sekar #22: Trik Atur Waktu Main dan Belajar

Aku bisa bagi waktu main dan belajar!

Tanggapan kamu (10) Pojok Laras & Sekar #22: Trik Atur Waktu Main dan Belajar

Mau nanya nih kak, gimana cara mengatur waktu belajar dan bermain yang baik soalnya sebentar lagi kami bakalan ujian semester nihh.. - kia_putry_kiana

Hai kia_putry_kiana! Membiasakan diri untuk jadi orang yang teratur adalah kunci untuk menyeimbangkan waktu main dan belajar. Gimana sih caranya belajar jadi orang teratur? Yuk cek tips dari Springster di bawah ini:

Bikin jadwal kegiatan

Mulai dari jadwal belajar sekolah dan di rumah, kegiatan di luar sekolah seperti olahraga/seni dan waktu santai. Tidak perlu terlalu ketat, yang penting kita harus membiasakan diri untuk disiplin dan taat sama jadwal yang sudah dibuat. Kalau bisa, pajang jadwal ini di tempat yang mudah terlihat.

Jangan menunda-nunda

Gunakan waktu dengan bijak. Belajar jika sudah tiba waktunya belajar. Jauhkan dulu diri kamu dari hal-hal yang dapat mengganggu waktu belajar seperti handphone, TV, MP3, radio, novel, atau hal lain yang tidak berkaitan dengan hal yang kamu pelajari.

Gunakan waktu luang

Nah, di saat ini kamu bisa manfaatkan sebaik-baiknya untuk bermain. Mainlah sepuasnya di waktu luang yang sudah kamu jadwalkan. Jangan ingat-ingat pelajaran di waktu ini.

Evaluasi

Ini bisa dilakukan setiap satu minggu sekali. Kamu bisa lihat kembali kegiatan mana yang tidak terlaksana dengan baik, apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya agar lebih baik. Dengan demikian kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Kalau sudah terbiasa dengan keteraturan ini, kita gak bakal pusing lagi bagi-bagi waktu untuk berbagai kegiatan. Ohiya, tips ini gak hanya berlaku saat menjelang ujian aja, tapi juga untuk keseharian kita. Selamat mencoba yaaa~

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian gak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras & Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #22: Trik Atur Waktu Main dan Belajar

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Yura

Hai kak, Gini aku mau nanya.. cara untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi belajar itu gimana...

Baca selengkapnya 2 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Yura! Keinginan belajar itu akan muncul jika kamu memantapkan hatimu, dan tau betapa pentingnya...

Baca selengkapnya 2 bulan, 1 minggu yang lalu
Je.da

Hai kak, mau tanya nih... Aku kan udh kelas 12 dan masih banyak hal yang ingin dicapai lewat ikut...

Baca selengkapnya 3 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Je.da! Menurut Kak Sekar, sebaiknya kamu fokus dulu sama ujian nasional dan ikut lomba saat ada...

Baca selengkapnya 3 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar