Pojok Laras & Sekar #21: Ungkapkan Opinimu

Dan biarkan orang lain mendengar!

Pojok Laras & Sekar #21: Ungkapkan Opinimu

Kak.bagaimana sih caranya ketika kita berpendapat dalam diskusi.pendapat kita bisa diterima. -Stevvent

Hai, Stevvent!

Untuk jadi pembicara yang baik, kuncinya adalah latihan mendengar! Terdengar bertentangan, tapi, dengan menjadi pendengar yang baik, kita jadi bisa tau, apa sih sebenernya yang lawan bicara kita pikirkan? Terus, kita jadi bisa mikirin kita harus ngasih respon seperti apa, yang bisa menjawab rasa penasaran mereka, dan bikin mereka ngerti sama pendapat kita, juga membantu ngejelasin kesalahpahaman.

Kalo kamu mau didengar, berikan pendapat pelan-pelan, dan jangan terkesan memaksa. Gak perlu menaikkan suara. Bicara dengan suara yang jelas dan pastikan kamu paham betul dengan apa yang kamu bicarakan supaya kamu bisa jawab pertanyaan-pertanyaan dan bisa ngejelasin poinmu dengan tepat sasaran.

Dengarkanlah pendapat orang lain. Karena mungkin aja ada hal-hal yang kamu tau, tapi mereka gak tau, dan sebaliknya, ada juga hal yang kamu gak tau, tapi ternyata mereka tau. Jadi, jangan ragu buat dengerin masukan dari mereka juga ya.

Jangan kesel jika pendapatmu gak sama dengan orang lain. Kadang, pendapat kita bisa jadi bukanlah pendapat yang umum dipikirkan oleh orang lain. Dan berbeda pendapat itu biasa. Dengan mendengar pendapat dari sudut pandang lain, kita jadi bisa membuka pikiran dan menambah referensi.

Teman-teman Springster yang lain, apa kalian punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah seperti Stevvent? Tulis di kolom komentar ya!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian gak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras & Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #21: Ungkapkan Opinimu