Pojok Laras Sekar #18: Ingin Jadi Supel

Bisa gak sih seorang introvert berubah jadi supel?

Pojok Laras Sekar #18: Ingin Jadi Supel

Kakk aku mau nanya .... Gimana siih caranya kita biar jadi orang yg supel ,,soalnyaa aku mah agak pendiem n malu2 kalo ketemu sama orang yang baru dikenal ataupun yang sudah dikenal juga ,,trmksh :) - ASTUTI

Hai, ASTUTI!

Sebetulnya, sifat dan karakter itu bawaan dari lahir. Tapi, kamu bisa kok melatihnya supaya kamu yang tadinya pendiam dan malu-malu, bisa jadi orang yang gak pemalu lagi. Mungkin klise, kalo Springster bilang kuncinya adalah percaya diri. Tapi, itu bener banget. Kamu harus percaya sama diri kamu sendiri, dan percaya kalo kamu juga diharapkan keberadaannya.

Supaya kamu bisa percaya diri, kamu bisa tonton nih episode pertama web-series Hara Huru Dara di sini, Tatyana Akman bocorin rahasianya supaya tetep pede. Jangan lupa diikutin ya cara-caranya!

Nah, selain percaya diri, kamu bisa ikuti cara-cara ini supaya kamu bisa belajar untuk supel:

Sapa orang lain duluan

Saat berpapasan dengan orang lain, jangan malah menghindar. Sapa mereka dengan senyum, atau sapaan sederhana seperti “Hai!” atau “Halo!” atau bisa juga basa-basi sedikit seperti “Baru berangkat?” atau “Bajunya lucu deh.” Kamu bisa latihan ngomong kayak gini di rumah, sama adikmu, atau malah sama ibumu!

Berani ambil kesempatan

Mulai yuk terbuka sama kesempatan yang ada! Diajak ke taman, ikut aja! Diajak nyobain kolam renang baru? Kenapa enggak? Mungkin awalnya susah ya untuk langsung ikut, tapi kalo ngajak orang lain yang kamu kenal bisa bikin kamu nyaman sama mereka, ajak aja mereka juga. Dengan begini, orang lain pasti gak akan ragu deh kalo mau ngajak kamu lagi.

Berikan respon saat ngobrol

Selalu berikan respon saat sedang berbicara dengan orang lain. Bisa dengan anggukan, atau “Hmm, hmm,” karena ngobrol itu butuh interaksi dan reaksi. Anggaplah ini tuh lagi chatting di messenger, dan jangan terlalu dipikirin deh apa tanggapan orang tentangmu. Lepasin aja.

Jadi, jangan takut untuk memulai, ya. Jadi percaya diri itu memang gak mudah, tapi kamu bisa melatihnya. Semoga berhasil, ya!