Pojok Laras & Sekar #14: Tips YOI Buat Ngobrol Bareng Ortu!

Utarakan apa yang kamu inginkan dengan tips YOI a la Laras & Sekar!

Pojok Laras & Sekar #14: Tips YOI Buat Ngobrol Bareng Ortu!

Kakak-kakak, aku mau curhat nih. Gini, aku suka banget membaca dan mimpiku adalah pengen jadi seorang penulis, tapi setiap aku baru mencoba nulis ceritaku, selalu adaaa aja gangguannya. Terutama komentar Mama kalau apa yang aku lakuin ini sia-sia, Papaku juga, nggak pernah setuju lihat aku ngetik. Aku sedih banget, seriusan. Kasih aku tips atau solusi dong, Kakak-Kakak ):

Inawl


Hai, inawl! Terima kasih udah nanyain pertanyaan ke kami! Seneng, deh, dengernya bahwa kamu pengen ngejar mimpimu, walaupun banyak yang bilang ini-itu. Kami ngerti pasti serem, ya, buat utarain apa yang kita pengen ke orangtua, tapi mereka juga pasti ingin yang terbaik, kok, buat kita! Kita harus percaya!

Untungnya, kami punya tips-tipsnya buat ngobrol sama orangtua! Mudah-mudahan bisa bikin kamu tambah berani--coba ukur seberapa yakinnya kamu dengan YOI:

Yakin permintaanmu efektif?

Pas kita ngobrol sama orangtua, mereka pasti punya pendapat atau rencana lain, deh. Contoh, dia pengen kamu punya profesi lain selain jadi penulis. Yakinkan diri kamu sendiri bahwa pilihanmu lebih efektif dari pilihan lain. Kasih mereka contoh tentang penulis-penulis sukses dan gimana profesi itu bisa bikin kamu merasa nyaman.

Orangtuamu dan kamu diuntungkan, gak?

Walaupun orangtua kedengeran gak setuju, mereka pasti punya alasan di balik itu. Mereka punya pengalaman lebih banyak. Tapi, kalo kamu bisa bilang ke mereka kalo pilihanmu menguntungkan semua pihak, yakin, deh, mereka pasti bakal mikir lagi. Kamu bisa bilang kalo dengan jadi penulis, kamu bakal belajar banyak dan kamu juga bisa berkarier!

Inget masa lalu!

Kadang, gakpapa, kok, buat inget masa lalu! Haha XD. Pengalaman kita yang baik-baik bakal bantu kita kali ini! Terutama, kalo kita bisa buktiin bahwa segala pilihan-pilihan kita telah membuahkan hasil yang baik. Bikin janji sama mereka kalo kamu bakal menjadi versi terbaik dari dirimu, dan jangan bikin mereka kecewa.

Kamu bisa baca lebih banyak tentang ngasih tau hal yang kamu inginkan ke orangtua di artikel ini: SEBENERNYA INI YANG PENGIN AKU LAKUKAN.

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #14: Tips YOI Buat Ngobrol Bareng Ortu!