Pojok Laras & Sekar #10: Gara-Gara Umur!

Sedetail apa pun aku cerita, mereka gak bakal ngerti

Tanggapan kamu (10) Pojok Laras & Sekar #10: Gara-Gara Umur!

Kak, bagaimana sih cara kita agar bisa lebih terbuka lagi dgn ortu? Sdngkn aku selalu berfikir, aku baru berusia 17th, dan ibu sudah 50th keatas.. Masa aku mau cerita sama beliau?? — zihana

Hai, zihana! Makasi banyak udah ngasi tau kami tentang hal ini--menurut kami, hubungan antara orangtua/wali sama diri kita itu penting banget. Jadi, keren banget kalo kita bisa pertahankan koneksi dengan baik sama mereka!

Tapi pertama, kita harus tau suatu hal tentang orangtua/wali. Klik di sini buat baca artikelnya!

Sebenernya gampang, kok, untuk membangun hubungan dengan orangtua/wali, sekali pun umurnya beda jauh. Kuncinya adalah dengan rasa pengertian. Nih, tips-tipsnya:

1. Deketin dengan kasih sayang

Kita pasti pernah mengalami perubahan penting dalam hidup; kita jadi suka sama orang, kita mulai puber, dan… hal-hal ini gak gampang buat dibicarain sama orangtua/wali. Pada saat-saat ini lah rasa pengertian terhadap perasaan satu sama lain penting banget. Tanya aja, gimana perasaan mereka terhadap masalah kita, terus kita juga mesti terbuka tentang perasaan kita. Minta mereka untuk ngertiin seberapa pentingnya hal ini buat kita.

2. Percaya sama pengalaman mereka

Mereka, kan, lebih tua dari kita, ya. Jadi, mereka mungkin pernah melakukan hal-hal yang kita pikir gak mungkin pernah mereka lakukan. Ngertiin perbedaan umur jadi penting, deh, di sini! Coba dengerin apa yang harus mereka katakan tentang masalalu mereka; dan diskusiin apa yang harus kita lakukan untuk masa depan kita.

3. Ngertiin kewajiban & hak sesama

Semua generasi pasti punya pandangan sendiri. Jadi gak masalah kalo ada perbedaan pendapat. Coba, deh, ngertiin perbedaan & persamaannya. Pendapat bisa berbeda, tapi kita pasti ada di sisi masing-masing. Kadang, bisa aja kita ada di sisi yang sama, cuma cara menyampaikannya aja yang beda dan butuh “jalan” lain. Obrolin aja sampe nemuin jalan tengahnya!

Mudah-mudahan tips ini bantu, ya! Semoga kamu juga makin bisa deketin orangtua/walimu! Inget aja, kalo lagi ngomong di depan mereka, jadilah pribadi yang pede dan dengerin saran mereka!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Pojok Laras & Sekar #10: Gara-Gara Umur!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Nusantara

Kak,gimana sih biar jago di matematika?Karna,sekeras apa aku belajar selalu susah pas hari H

3 minggu, 6 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Nusantara! Kunci kamu bisa menguasai matematika atau bidang lainnya adalah dengan rajin...

Baca selengkapnya 3 minggu, 5 hari yang lalu
ASTUTI

kakk aku mau nanya .... Gimana siih caranya kita biar jadi orang yg supel ,,soalnyaa aku mah agak...

1 tahun, 4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, Astuti! Terima kasih atas pertanyaan kamu, pertanyaannya akan kami tampung yaa dan kalau...

Baca selengkapnya 1 tahun, 4 bulan yang lalu
Tampilkan komentar