Pohon dan Lingkungan

Yuk tanam pohon dan nikmati manfaatnya!

Tanggapan kamu (2) Pohon dan Lingkungan

Akhir-akhir ini aku dan teman-teman sering ngeluh tentang panasnya udara di kota Bali. Panasnya menyengat banget, apalagi buat kita yang sering beraktivitas diluar ruangan, menyiksa banget deh.

Panasnya udara di Bali sebenernya bukan hal baru. Apalagi kalo di daerahnya nggak ada pohon sama sekali. Iya, pohon emang punya dampak yang besar buat lingkungan sekitar kita. Sayangnya, jumlah pohon sekarang makin lama makin berkurang.

Aku baru tau loh ternyata ada program dari pemerintah yang namanya gerakan satu juta pohon, gerakan ini bertujuan buat mengajak masyarakat untuk ikut menanam pohon sebanyak-banyaknya. Tapi masih ada aja loh temenku yang nggak ngerti pentingnya gerakan ini, nih deh aku kasih tau beberapa manfaat dari menanam pohon:

1. Mengurangi pemanasan global
Udara yang semakin panas hanya bisa dikurangi dengan menanam pohon. Pohon akan mengurangi emisi karbon, karena jumlah karbon yang meningkat adalah penyebab pemanasan global. Pohonlah yang menyerap karbon dan polusi dari udara ini.

2. Mengurangi banjir
Pohon adalah tandon air alami, dengan menanam pohon akan menambah tandon air alami sehingga bisa mengurangi air yang melimpah selama musim hujan. Dan otomatis mengurangi banjir.

3. Hemat Listrik
Kalo di sekitar rumah kamu banyak pohon, otomatis udaranya bakalan lebih sejuk. Dan kalo kamu lagi santai di rumah, udah nggak perlu lagi nyalain AC atau kipas angin, tinggal buka jendela deh. Biaya listrik di rumahmu pasti akan jadi lebih murah.

4. Mengurangi pencemaran lingkungan
Pohon berfungsi menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Keberadaan pohon akan mengurangi polusi dan pencemaran udara yang ada di lingkungan kita.

Nah sekarang udah pada tau kan manfaat menanam pohon apa aja? Yuk mulai buat menanam pohon! Nggak akan rugi kok. Pasti kita juga kan yang seneng kalo lingkungan sekitar kita jadi asri dan sejuk?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Riri Frislya

👍👍

1 tahun, 10 bulan yang lalu