Pikir-pikir Sebelum Klik Kirim!

Mulai sekarang, aku cuma akan kirim yang baik-baik!

Tanggapan kamu (2) Pikir-pikir Sebelum Klik Kirim!

Sebagai manusia, kita pasti mau meninggalkan jejak kita di dunia ini sebanyak mungkin. Karena dari itu sebagian dari kita berkarya, sebagian lainnya berteman dengan siapa saja, dan sebagian lagi… memberikan banyak komentar di medsos orang.

Tapi, sebenarnya komentar kayak apa sih yang harus kita tinggalkan di foto atau post seseorang? Yuk, kita cari tahu bersama!

1. Jangan Komen yang TMI*

Kadang, kita ketemu orang-orang yang menarik di kolom komentar. Gak papa, kok, ngejawab pertanyaan mereka. Tapi kalau pertanyaannya udah berhubungan dengan informasi personal kamu, STOP. Jangan share di mana kamu tinggal, di mana sekolahmu, atau nomor teleponmu. *Too Much Information bisa berujung ke SOS.

2. Report Aja, Ngapain Repot!

Sering banget gak sih kita lihat komentar yang gak mau kita lihat? Kadang komennya tuh kasar, bully, dan kadang juga meme-meme yang gak baik, deh! Hal yang harus kita lakukan saat melihat hal kayak gitu adalah melaporkannya. Gak usah dibalas atau didebatkan, karena nanti malah akan berlanjut-lanjut dan bisa jadi kamu malah membalas dengan kata-kata yang kurang baik pula. Mendingan di-report aja, gak usah dibikin repot!

3. Sebenarnya… Jadi Populer itu Gak Asik-asik Amat.

Kadang, kita seneeeng banget kalau komen dari kita masuk ke jajaran top comments jadi semua orang bisa lihat komen kita. Tapi beberapa orang menggunakan momen ini untuk mempromosikan mereka dan ngasih tau beberapa data pribadi mereka. Bayangin, deh, jadi berapa banyak orang punya akses ke kehidupan kamu cuma dari data yang kamu kasih secara cuma-cuma, dan mungkin gak semuanya punya niat yang baik dan mau menggunakan data kamu untuk hal yang bijak! Sebelum kamu kirim komen kamu, pastiin kamu gak terlalu buka-bukaan, soalnya, jadi populer itu gak seasik yang kamu pikirin!

Sekarang, bikin janji ke diri kamu sendiri kalau “Mulai sekarang, aku bakal pikir dua kali sebelum aku komentar!” dan kapanpun kamu ada di media sosial, ingat kamu punya janji itu. Oke, girls?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

cahles_lestari

terima kasih infonya...kak""☺ sangat bermanfaat. Artikel Springster sangat bagus dan berguna.

2 bulan, 4 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, cahles_lestari! Terima kasih sudah membaca, berkomentar, dan menjadi bagian dari...

2 bulan, 4 minggu yang lalu