Pertolongan Pertama pada Kecelakaan!

Apa sih yang bisa kita lakukan saat situasi darurat terjadi? Yuk, cari tahu di sini!

Tanggapan kamu (2) Pertolongan Pertama pada Kecelakaan!

Kadang kita harus menghadapi situasi yang darurat. Seperti saat seseorang jatuh pingsan di depan kita atau terjadi kecelakaan. Saat ini terjadi, mungkin kita panik banget, tapi usahakan jangan, dan tetap tenang! Walau kita bukan ahli medis, tapi kita bisa melakukan sesuatu sambil menunggu bantuan datang!

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu, tapi jangan lupa, akan selalu lebih baik untuk meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman!

  1. Pastikan orang itu gak dikelilingi oleh banyak orang.
  2. Panggil bantuan, bisa polisi atau ambulan. Kamu mungkin tergoda untuk mengecek handphone orang itu dan menelepon keluarganya, tapi biar polisi saja yang melakukannya.
  3. Sebelum kamu lanjut ke langkah selanjutnya, pastikan kamu cek sekelilingmu, apakah akan ada bahaya lanjutan, lalu cari orang yang bisa menjaga kamu tetap aman. Baru setelah itu, jika kamu merasa yakin kamu bisa dan nyaman melakukannya, cek kesadaran orang itu dengan memanggilnya, menepuk pundaknya, atau merangsang sedikit nyeri dengan cara menggesek atau menekan dahi mereka.
  4. Cek apakah orang itu masih bernapas atau tidak. Lihat apakah dada mereka mengembang seperti saat orang bernapas.
  5. Sekali lagi, hanya jika kamu merasa yakin dan nyaman untuk melakukannya, cek nadi orang itu. Kalau kamu gak bisa merasakan nadinya, tanya apakah ada yang bisa melakukan kompresi dada dan CPR di sekitarmu.

Sekarang, kita semua pasti punya kotak P3K kan, di rumah? Kadang ibu kita mengisinya dengan antiseptik, tapi apa aja sih yang sebenernya harus selalu ada di kotak P3K?

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan!

Apa yang harus kamu lakukan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan yang bisa terjadi ke kamu? Ikuti tips keselamatan ini, yuk!

  1. Taruh nomor orang tua atau teman dekatmu di panggilan cepat. Kalau ada apa-apa, langsung telepon mereka.
  2. Di dompetmu, taruh kartu berisi informasi kesehatanmu, termasuk golongan darah dan rhesus, alergi, dan penyakit bawaan.
  3. Selalu ceritakan jadwal dan kegiatanmu ke orang tua, dan gak perlu malu untuk menolak ikut aktivitas kalau kamu gak enak badan.

Saat persiapan kamu cukup, kamu juga akan lebih siap dalam menghadapi sesuatu. Ya, kan?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@lin

mksih infonya

1 tahun yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, hei! Terima kasih atas komentarnya, yaaa. Jangan lupa untuk baca artikel Springster yang lain...

1 tahun yang lalu