Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

Tinggal sendiri itu nggak menakutkan asal bisa ngatur diri, kok!

Tanggapan kamu (9) Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

Entah itu ngekos, atau tinggal di asrama, beberapa kondisi emang ngeharusin kita tinggal jauh dari orangtua, seperti kuliah atau kerja di luar kota.

Setelah terbiasa tinggal di rumah, tinggal sendiri itu kayaknya susah. Apalagi buat yang baru pertama kali ngerasain, kayaknya bakal menakutkan ya? Tenang aja, tinggal sendiri itu satu langkah buat belajar mandiri.

Di bawah ini kami bakal ngasih tips buat kamu — ya, kamu! — para anak kost, agar bisa mengatur keseharian hidupmu sebagai anak kostan!

Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

1. Atur waktu beberes kamar
Kami tau kamu akan banyak berada di luar dan nggak 24 jam di kamar. Seenggaknya, sapu kamar setiap hari. Bereskan besar-besaran dan pel lantainya setiap akhir pekan, mungkin? Sediakan tempat sampah dan jangan lupa mengosongkannya setiap hari. Jangan bikin kamarmu terlihat jorok. Pasang musik kesukaanmu setiap membereskan kamar, kalori kebakar dan kamar jadi bersih lagi!

Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

2. Masak, masak sendiri
Apakah kostan atau asramamu menyediakan dapur? Yuk belajar masak! Masak sendiri bikin kamu lebih hemat lho. Nggak perlu yang ribet. Telur bisa jadi apa aja — diceplok sampe dibikin jadi omelet! Bikin tumis kangkung juga mudah — kalo bingung dengan bumbunya kamu bisa beli bumbu racik instan yang ada di toko! Begitu juga nasi goreng. Kamu juga bisa masak mie instan, tapi jangan sering-sering ya! Gimana dengan kamu yang kostan-nya nggak menyediakan dapur? Asal ada magic jar, kamu bisa tetap hemat. Kamu bisa masak nasi sendiri dan beli lauk/sayur di warteg terdekat. Beras sekilo bisa dipakai untuk 5-10 porsi, artinya cukup untuk jatah nasi seminggu.

Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

3. Masalah segudang bajuku?
Kami ngerti, masalah utama anak kosan adalah selalu ngerasa nggak punya cukup waktu. Apalagi dalam urusan cuci mencuci, kayaknya adaaa aja yang kita lakukan buat menghindari urusan yang satu ini! Kalo emang tidak memberatkan biaya, kamu bisa coba laundry kiloan. Tapi kalo kamu pengen hemat, cuci aja bajumu sendiri! Beli keranjang khusus untuk pakaian kotor, kamu bisa bikin janji ke dirimu sendiri buat mencuci pakaian di keranjang tersebut, misal dua hari sekali atau tiga hari sekali. Usahakan jangan menumpuk bajumu — atau keseringan ganti baju, biar cucianmu nggak keteteran!

Persiapan Saat Tinggal Jauh dari Rumah

4. Beli 1 gratis 1
Untuk urusan belanja kebutuhan harianmu kayak alat mandi, alat makan, dan lain-lain, sering-sering ambil katalog tiap main ke swalayan. Selalu jeli dan pantengin tiap papan yang ada karena siapa tau, lagi ada diskon! Sering banget lho ada promo kayak “beli sabun cuci gratis piring” atau “beli 1 sabun mandi dapat 2 sabun mandi” atau odol yang dijual sepaket dengan sikat gigi. Wah, yang kayak gini-gini nih, bisa menghemat pengeluaran kita! Selain itu, selalu usahakan beli peralatan mandi yang berukuran besar, seperti shampoo 500 ml, atau odol 190 gr. Emang kerasanya jadi mahal di awal, tapi ke depannya kamu jadi bisa hemat di bulan-bulan selanjutnya. Nggak ada cerita tengah kehabisan sabun mandi di akhir bulan deh!

Nah 4 bekal itu tadi udah jadi tameng buat kalian para anak kos. Kalo bisa melakukan keempatnya, dijamin deh, kalian jadi makin terlatih dan mandiri. Siapa di antara kalian yang lagi ngerasain tinggal jauh dari rumah? Kalian setuju dengan kami atau punya tips sendiri? Bagikan di bawah ini ya!

Suka dengan artikel ini? Baca artikel menarik lainnya disini:

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

karis

Aduh manfaat banget bagi aku

5 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, karis! Terima kasih sudah baca artikel Springster! Jangan lupa baca artikel yang lainnya juga...

5 bulan, 2 minggu yang lalu
viedha3_

artikelnya bguss..

1 tahun, 4 bulan yang lalu
Tampilkan komentar