Olahraga di Bulan Puasa? Siapa Takut!

Aku tetap bisa olahraga pas lagi puasa!

Olahraga di Bulan Puasa? Siapa Takut!

Kamu tau gak sih kalau berolahraga saat puasa itu banyak manfaatnya? Menurut penelitian, olahraga akan bikin lemak di badan kamu rontok dan sistem kekebalan tubuh kamu jadi lebih bagus.

Nah, waktu terbaik untuk olahraga di bulan puasa adalah sebelum berbuka atau tiga jam setelah makan. Jangan dilakukan di siang bolong ya, kamu bakal kecapekan.

Biar gak bosen, ajak temen kamu untuk olahraga bareng. Selain jadi seru, kamu bisa saling memotivasi satu salam lain untuk tetap sehat selama puasa.

Kamu bisa lakukan olahraga ringan bersama selama 30-60 menit. Gak apa-apa meskipun sebentar karena tujuannya untuk bikin sehat dan segar.

Nah, ini olahraga ringan yang bisa kamu lakukan bareng temen kamu saat puasa:

Jalan-jalan

Kamu bisa lakuin ini di mana aja sebelum buka puasa. Kamu berjalan ngububurit ke pasar beli makanan untuk berbuka atau cuma sekedar liat-liat aja, yang penting jalan!

Bersepeda

Kamu bisa lakuin ini setelah sholat subuh atau sebelum berbuka puasa. 30 menit aja cukup kok.

Jogging pelan

Sama seperti bersepeda, bisa sesudah sahur atau sebelum buka puasa.

Yang paling penting, untuk tetap sehat, selain olahraga, saat puasa kamu juga harus jaga makanan dan minum air yang cukup.

Nih Springster punya tips makan saat sahur:

  • Makan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, buncis, kedelai, gandum. Makanan ini akan bikin kamu kenyang lebih lama.
  • Jangan lupa makan makanan kaya serat seperti sayuran hijau, buah-buahan seperti pisang, pepaya, selada, bayam, brokoli, tomat, atau ubi. Mereka gak hanya mengandung vitamin, tetapi juga mineral yang dibutuhkan tubuh.
  • Sebaiknya kurangi makanan asin seperti keripik atau makanan asin lain karena akan bikin kamu cepat haus di saat puasa nanti.
  • Kurangi pula makanan dengan karbohidrat olahan seperti donat, pastri, gula pasir karena makanan ini minim gizi dan gak bikin kenyang.
  • Pastikan kamu minum cukup air agar tidak kekurangan cairan agar tetap sehat. Kurangi dulu konsumsi teh atau kopi manis. Cukup air putih.

Saat berbuka:

  • Konsumsi buah dan sayuran yang kaya cairan dan serat seperti timun, selada, bayam, bunga kol, semangka, nanas atau jeruk. Makanan ini akan bikin tubuh kamu lebih segar, kulitmu lebih sehat dan kamu terhindar dari konstipasi atau gangguan pencernaan. Plus, kebuuhan vitamin, mineral, serat dan energimu juga terpenuhi dibuatnya.
  • Makan makanan yang kaya potasium seperti kurma, kacang-kacangan, sayuran hijau, kentang, alpukat dan pisang. Ini baik untuk mengatur cairan dalam tubuh.

Catatan: kurma enggak hanya bikin cairan tubuhmu kembali, tetapi juga mampu memberi tambahan energi lebih cepat buat tubuhmu setelah seharian berpuasa.

Kalau kamu, apa yang biasanya kamu lakukan untuk tetap sehat saat puasa? Cerita di kolom komentar yuuuk!