Nomor Telepon yang Wajib Ada di Speed Dial-mu

Bahaya datang, telepon sekarang!

Tanggapan kamu (18) Nomor Telepon yang Wajib Ada di Speed Dial-mu

Berhati-hati sama segala sesuatu yang bakal terjadi itu penting banget. Apalagi sebelum kita dihadapkan ke saat-saat darurat.

Apa aja langkah-langkah yang bisa kita lakukan di saat genting?

Pertama-tama, ingat bahwa suaramu adalah senjatamu! Coba cerita ke orang lain dan laporkan keadaan tersebut. Minta tolong dengan orang yang ada di sekitarmu saat itu, seperti orang yang kamu temui di jalan, atau ibu penjaga warung sekitar.

Kedua, kontak orang dewasa. Kalian pasti punya orang terpercaya atau orang dewasa yang bisa dihubungi di saat darurat kan? Entah itu orangtuamu, kakakmu, guru, siapapun itu, hubungi mereka! Mereka bisa membantumu melapor ke pihak berwajib jika terjadi sesuatu pada dirimu.

Ketiga, simpan nomor telepon penting ini di speed dial handphone-mu biar tetap waspada di saat darurat!

129
Telepon Sahabat Anak (TESA 129) adalah layanan telepon yang memberikan perlindungan pada anak dari tindak kekerasan dan yang memerlukan perlindungan khusus lainnya, serta perlakuan diskriminatif baik gender, suku, ras, agama, sosial ekonomi. Dengan menghubungi TESA kita bisa mengadukan jika terjadi tindak kekerasan dan pelanggaran hak-hak lainnya. TESA dapat dihubungi melalui akses telepon gratis ke nomor telepon 129.

1500771
Selain TESA, juga ada TePSA (Telepon Sahabat Anak), sebuah layanan telepon buatan Kementrian Sosial (Kemensos) untuk anak Indonesia yang bertujuan untuk melindungi dan membantu bagi anak-anak yang membutuhkan. Layanan pengaduan bebas pulsa ini akan melayani kita selama 24 jam, tujuh hari penuh. TePSA adalah bagian dari komitmen pemeintah dalam mengatasi berbagai kasus kekerasan terhadap anak.

118
Ini adalah call center khusus kalo kita butuh layanan ambulans. Layanan ambulans ini tersedia 24 jam. Setelah menerima laporan dari call center, ambulans akan segera meluncur ke tempat yang dituju dan akan membawa kita ke fasilitas kesehatan terdekat.

113
Ini adalah call center khusus pemadam kebakaran. Dengan menelepon nomor ini, kamu bisa membuat pengaduan jika sedang terjadi kebakaran.

110
Lagi dalam situasi yang membahayakan? Telepon nomor ini untuk terhubung dengan call center polisi. Kita bisa melaporkan berbagai peristiwa, seperti tindakan kriminal, kecelakaan, penganiayaan, dan lain-lain. Asalkan ada sinyal, saat tidak punya pulsa kita tetap bisa menelepon nomor ini, karena layanan ini tidak membutuhkan pulsa. Layanan ini tersedia 24 jam dan siap menerima telepon darurat kamu.

139
Bencana bisa terjadi kapan aja. Nggak ada salahnya buat menyimpan nomor layanan posko darurat bencana ini di handphone kita.

Jadi siapa yang akan kamu hubungi di saat darurat? Beri tau lewat kolom komentar di bawah, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

UkhtyAlya

Bwrmanfaat bgt Kk

2 minggu, 2 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai UkhtyAlya! Senang sekali mendengarnya! Terima kasih sudah membaca artikel Sprinsgter! Masih...

2 minggu yang lalu
HumanOnTheEarth_

Kalo nomer 911 itu buat apa kak? Berlakunya cuma di luar negeri ya kak?

10 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Kalo 911 ituuuu adalah nomor telepon keadaan darurat khusus buat mereka yang tinggal di Amerika...

Baca selengkapnya 10 bulan, 2 minggu yang lalu
HumanOnTheEarth_

Iya suka banget nonton film luar. Aku kira 911 itu berlaku secara internasional. Ternyata enggak.

10 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar