Ngenalin Scam E-mail dengan A-B-C!

Mau nipu lewat e-mail? Enak aja!!

Tanggapan kamu (4) Ngenalin Scam E-mail dengan A-B-C!

Ping! Kamu dapat e-mail!

Oh, coba lihat, aku dapat e-mail dari seseorang di luar negeri! Dia nawarin uang dalam jumlah banyak, lho! Tapi tunggu, deh. Masa’ katanya aku harus bayar dia dulu lalu kasih tau nomor rekeningku?? Hmmmm, terdengar aneh gak, sih?

Nah, ini, nih, yang namanya scam e-mail atau e-mail penipuan! Tujuan orang-orang jahat bikin e-mail penipuan itu untuk ambil sesuatu dari kita via online. Makanya kita semua harus hati-hati sama yang beginian! Ini hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengenali scam: Ingat A-B-C Scam!

A - Apakah kita diminta untuk ngeluarin uang lebih dulu?

Beberapa scam akan minta kita buat bayar sesuatu. Misal, kalo kita dapet scam mengenai pekerjaan, kita bakal diminta bayar uang pendaftaran atau seminar. Contoh lain, scam undian. Mereka bakal minta bayarin pajak yang gak masuk akal. Padahal, kita gak pernah, tuh, daftar buat kerja atau undian. Biasanya, kalo kita tertipu dan kita bayar, penipunya akan langsung kabur, hiiiiiiii.

B - Buru-buru amat, kenapa, sih?

Nih, nih, kenapa kita harus waspada sama scam: kita diburu-buru untuk segera kirim duit! Masa’ harus kirim sekarang juga? Kalo kita diminta untuk kirim uang buru-buru gini, bisa jadi penipuan, lho! Soalnya penipu biasanya bikin website palsu untuk beraksi, dan website ini gampang ketauan dan ditutup! Kalo website mereka ditutup, kita jadi gak bisa transfer uang, kan? Karena itulah malah kita jadinya yang diminta untuk buru-buru.

C - Cari uang gak gampang, lho!

Scam itu jahat banget soalnya mereka ambil keuntungan dari kesusahan orang lain. Mereka tau kalo orang-orang pengen banget cepet kaya! Mereka nawarin cara gampang buat jadi kaya tanpa harus melakukan usaha--yang udah pasti gak mungkin! Kita harus bisa mikir dan cari tau informasi tentang pengirim e-mail-nya, sebelum kita terjerumus untuk ikutan pengin cepet kaya!

Kalo kita melakukan A-B-C ini dan bisa ngenalin scam, cara terbaik untuk bereaksi adalah dengan gak balas, lalu tandai sebagai phising scam/penipuan.

Ohya, scam juga bisa terjadi di media sosial, lho. Kalo ada yang share link ke kita dan link itu ngarahin ke website yang gak terpercaya--biasanya itu scam. Kalo ini terjadi, cepet-cepet tutup tab website itu dan ganti password media sosialmu. Penipu bisa dapet data pribadi dari media sosial juga. Makanya, kita harus bisa jaga privasi dan stop umbar-umbar~

Nah, kamu pernah gak dapet e-mail scam? Terus gimana kamu bereaksi? Ceritain pengalamanmu di kolom komen, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Aku juga pernah kak... Waktu itu aku dapat pesan saat buka google , aku dapat samsung galaxy note 8...

2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Anonim! Jangan sampe tertipu yaaa! Kalau udah mulali minta2 info pribadi kamu, kamu harus lebih...

1 bulan, 4 minggu yang lalu
Fidel

Aku gk prnah sih Tpi apa bsa kta di tipu lwt email

1 tahun yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Fidel! Banyak, lho, orang yang nyoba nipu lewat e-mail. Kalo suatu saat nanti kamu nemuin...

1 tahun yang lalu
Tampilkan komentar