Gimana caranya ngelawan buli di FB?

Cewek keren nggak pernah takut!

Tanggapan kamu (12) Gimana caranya ngelawan buli di FB?

Hai Kak Maya!

Teman-temanku suka gosipin dan bikin postingan jelek buat teman sekelasku di Facebook. Mereka suka mengejek dan aku rasa omongan mereka nggak benar! Aku nggak suka, deh, tapi aku takut mereka bakal ngejek aku juga kalo aku ngomong soal ini. Apa ya, yang harus aku lakuin buat menghentikan mereka?

Diah di Makassar

Hai Diah di Makassar,

Yang kamu alami ini adalah peristiwa cyber-bullying. Sama jahatnya dengan buli di kejadian nyata. Karena hal ini menyakitkan, bahkan beberapa negara menganggap ini sebagai sebuah kejahatan.

Coba ajak temanmu bicara. Mungkin awalnya akan terasa menakutkan dengan situasi begini, apalagi kalo kamu nggak terlibat. Kita nggak bohong: kamu bisa jadi target buli selanjutnya, tapi... Apa kamu mau berteman dengan buli?

Salah satu cara untuk bikin mereka berhenti adalah mengingatkan temanmu bagaimana rasanya kalo mereka bertukar tempat. Kamu bisa menyakinkan mereka untuk menghentikan perbuatan tersebut. Dan, walaupun ini bukan niatmu, tapi orang akan dengan mudahnya merasa malu saat orang lain menunjukkan kesalahan mereka.

Kalau nggak berhasil, kamu bisa minta bantuan teman sekelas untuk melaporkan kejadian ini kepada orang tua atau guru yang bisa dipercaya. Kamu mungkin bisa kehilangan satu atau dua teman, tapi kamu melakukan hal yang benar. Melibatkan orang yang lebih dewasa juga bisa mengentikan kasus cyber-bullying. Hal ini juga dapat menyebarkan pesan bahwa bullying itu salah.

Jadilah pemberani!

Ngobrol Lagi!

Kak Maya

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Septianti

Gimana ya cara buat melawan orang yg bully idola kita

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai @Zahiraa111, taukah kamu, bahwa semua orang itu berhak untuk berpendapat? Jadi, saat ada orang...

Baca selengkapnya 1 tahun, 1 bulan yang lalu
Simut

Hai Kak Sekar aku Sering Di Buli di Fb Status dan Foto ku dan juga pesan ku😭😩😢

1 tahun, 2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, Simut, jangan bersedih, ya. Bully itu, apa pun bentuknya, tidak bisa dibenarkan. Sebaiknya,...

Baca selengkapnya 1 tahun, 2 bulan yang lalu
Tampilkan komentar