Menjadi Polisi Sampah Saat Polusi Sampah

Sampah bisa bantu kamu bikin dunia jadi lebih baik, lho!

Tanggapan kamu (9) Menjadi Polisi Sampah Saat Polusi Sampah

Kadang sering mikir nggak sih, kita gadis remaja, apa yang bisa kita lakukan buat dunia ini? Hei, bikin sesuatu itu nggak harus lewat 1 langkah yang besar. Dengan merhatiin hal-hal kecil di lingkunganmu, kamu udah bisa menciptakan 1 perubahan!

Kita bisa mulai dari satu benda ini: sampah. Kalo dipikir-pikir, “sampah” emang cuma satu kata. Tapi efeknya bisa ke mana-mana.

Mungkin banyak yang nggak inget, tapi di tahun 2005 pernah terjadi peristiwa ledakan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Leuwi Gajah, Bandung! Gunungan sampah sepanjang 200 meter dan setinggi 60 meter longsor dan meledak sampai menyebabkan 157 orang tewas. Intinya, semakin kamu menyepelekan sampah, hal ini bisa jadi bahaya yang besar buat kita semua.

Tapi, kalian perlu ingat juga, bahwa dengan sampah kita bisa bikin perubahan!

Mulai deh dari dirimu sendiri. Hal ini pasti udah sering kamu denger ini mana-mana, yaitu: jangan buang sampah sembarangan. Tiap lagi di tempat umum dan harus buang sampah, coba untuk perhatiin kiri kanan dan cari tempat sampah. Tapi di sana nggak ada tempat sampah, gimana ya? Masukkan dulu sampahnya ke saku celanamu atau tasmu. Yah pokoknya, tenteng dulu sampahnya ke mana-mana sampai kamu nemu tempat sampah. Apa lagi kalo lagi berkendara, buang sampah ke luar jendela tuh=nggak banget! Kalo kamu membiasakan hal ini, pasti secara nggak sadar teman-temanmu bakal merhatiin hal yang kamu lakukan…... dan menirunya!

Oya! Tapi ada juga lho, sampah yang dibuang sayang. Inget deh, kadang-kadang di gudang rumahmu kamu masih punya botol-botol plastik bekas air minum. Atau mainan masa kecilmu? Nah jangan dibuang atau jangan dikasih ke pemulung dulu. Banyak yang bisa dilakuin pake benda-benda itu. Keluarin kreativitasmu! Coba buat ikutin tutorial ini dan sulap botol tersebut jadi benda yang nggak pernah kamu bayangin sebelomnya. Mainan-mainan masa kecilmu juga bisa didaur ulang jadi gini lho!

Intinya, kamu juga bisa bikin sampah jadi sesuatu. Dan dengan itu juga kamu udah bikin perubahan di lingkunganmu.

Suka dengan artikel ini? Baca artikel menarik lainnya disini:

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ranga

Bagus

8 bulan, 1 minggu yang lalu
Thari

Selain membuang sampah pada tempatnya dan membuat sampah menjadi rekreasi. apa lagi yg harus...

9 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Thari! Selain membuang sampah pada tempatnya, kamu juga bisa menanam pohon, seperti yang ada di...

9 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar