6 Cara Tetap Aman di Dalam Komunitas

Kiat-kiat top buat gadis-gadis remaja

6 Cara Tetap Aman di Dalam Komunitas

Sadari

Ada orang-orang dan situasi berbahaya di dunia. Kamu ngga perlu terus-terusan takut, tapi kamu harus tahu kalau komunitas kamu ngga selalu tempat yang aman.

Waspada Waspada sama orang-orang atau tempat-tempat yang buat kamu merasa gugup atau takut dan hindari mereka - ini bakal bantu kamu melindungi diri kamu sendiri dan mencegah terjadinya hal-hal buruk.

Gunakan nalurimu Kalau seseorang memang mendekati kamu atau mulai bilang hal-hal buruk ke kamu, putuskan apa yang kamu bakal bilang atau lakukan. Ada banyak hal berbeda yang bisa kamu lakukan seperti melawan orang tersebut dan suruh mereka berhenti, cepat-cepat jalan menjauh, atau minta bantuan dari orang-orang di sekitar kamu.

Bersikap tegas Bilang TIDAK! Bilang dengan lantang, jelas, dan berkali-kali kalau seseorang sedang melecehkan kamu.

Ambil tindakan Kalau perlu, jangan takut bertindak buat hentikan kekerasan atau pelecehan. Tindakannya bisa berupa apa saja, dari melarikan diri sampai memukul seseorang buat bela diri. Kalau kamu sedang ada di keramaian, melawan seseorang jauh lebih aman. Kalau kamu sendirian, pikirkan cara buat melarikan diri.

Hindari hal buruk Sesering mungkin, coba hindari orang-orang yang membuat kamu merasa ngga nyaman atau kelihatan mengancam. Hindari juga tempat-tempat tertentu yang kamu tahu berbahaya. Menghindari orang-orang atau situasi ini adalah salah satu cara paling baik supaya tetap aman. Juga akan membantu kalau kamu hindari bepergian sendiri atau di malam hari.

Temukan perlindungan Cari orang dewasa yang kamu percaya yang bisa kamu datangi kalau terjadi sesuatu yang buruk pada kamu. Pastikan kamu tau kemana mencari orang ini atau bagaimana menghubungi dia pada waktu kamu memerlukan bantuan. Bicarakan dengan teman-teman lainnya tentang mencari orang yang bisa kamu percaya dan menjaga satu sama lain tetap aman.