Liburan? Keliling Museum, Yuk!

Yuk keliling museum dari Sabang sampai Merauke

Tanggapan kamu (8) Liburan? Keliling Museum, Yuk!

Bulan Mei ini, selain lagi banyak long weekend, juga banyak libur kejepit! Enaknya ngapain ya? Kurang afdol kan kalo diem di rumah aja? Nah, berhubung hari ini adalah Hari Museum Internasional, gimana kalo kita jalan-jalan ke museum? Berikut ini kami merangkum beberapa museum dari penjuru Indonesia yang bisa kalian datangi! Silakan dipilih!

Liburan? Keliling Museum, Yuk!

1. Museum Wayang-Jakarta
Kalo lagi mampir ke kawasan Kota Tua Jakarta, sempetin mampir ke museum ini! Museum ini memiliki berbagai jenis wayang, baik koleksi wayang indonesia, sampai berbagai macam koleksi wayang dan boneka dari mancanegara. Kalian bisa melihat koleksi wayang kulit, wayang golek, dan koleksi wayang dari negara lainnya seperti seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, India dan Kamboja. Selain itu, ada juga koleksi topeng, gamelan, dokumen, peta dan foto-foto tua. Kalo beruntung, kalian bisa juga melihat teater wayang atau workshop membuat wayang yang rutin diadakan di sini.

Jam operasional: Buka setiap hari kecuali hari Senin (weekday pukul: 09:00-15:00, untuk Sabtu dan Minggu tutup jam 20:00) Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.27, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Liburan? Keliling Museum, Yuk!

2. Museum Ullen Sentalu-Yogyakarta
Museum yang terletak di lereng Merapi ini unik banget! Ruangan-ruangannya mengajak kita belajar tentang kekayaan budaya Jawa dan keratonnya. Museum ini memperlihatkan peninggalan kerajaan Mataram, dari koleksi batik, gamelan, kumpulan foto, arsip bahkan surat-surat pribadi! Ya, kamu bisa menemukan ruang khusus yang dibuat untuk menceritakan riwayat hidup putri tunggal Mangkunegara VII. Kamu juga nggak perlu khawatir akan keramean dan penuh sesak karena di sini kita berkeliling dalam kelompok kecil yang dibatasi jumlahnya. Intinya museum ini wajib kamu kunjungi

Jam operasional: Tutup hari Senin Selasa-Jumat: 08.30-16.00 WIB Sabtu&Minggu: 08.30–17.00 WIB Alamat: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Liburan? Keliling Museum, Yuk!

3. Museum Sri Baduga-Bandung
Buat kamu yang berada di Bandung, museum ini wajib masuk list kamu. Museum ini terdiri dari 3 lantai di mana setiap lantai punya tema khusus atas koleksi bersejarahnya. Bebatuan mineral sampai mainan, semuanya ada di sini. Karena museum ini membagi temanya berdasarkan sejarah alam dan budaya Jawa Barat. Jadi jangan heran kalo di sini kalian bisa belajar banyak dari koleksi arkeologi, senirupa, geologika, etnografika, numismatika, teknologika, dan masih banyak lagi.

Jam operasional: Senin–Jumat (08.00 – 15.00 WIB) Sabtu&Minggu (08.00–14.00) Alamat: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40243

Liburan? Keliling Museum, Yuk!

4. Museum Mulawarman-Tenggarong
Bagi kamu semua, khususnya yang berada di Kalimantan Timur, tentu masih ingat dengan kerajaan Hindu tertua di Indonesia, kan? Yak seratus, Kerajaan Kutai yang berdiri dari abad ke-4! Museum ini berisi peninggalan Kerajaan Kutai yang kemudian berubah menjadi Kesultanan Kutai Kartanegara yang bercorak Islam dan berdiri di abad ke-13. Bangunan museum ini merupakan bekas istana Kesultanan Kutai Kartanegara. Di sini kamu bisa melihat benda-benda bersejarah yang pernah digunakan kesultanan, seperti singgasana, Tempat Peraduan (tempat tidur), Pakaian Kebesaran (baju raja), tombak, keris, meriam, dan kalung. Nggak kalah pentingnya, di museum ini juga terdapat replika Prasasti Yupa, lho!

Jam operasional: Tutup hari Jumat Senin-Kamis/Sabtu&Minggu/Hari Libur Nasional: 09.00-16.00. Alamat: Jl. Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75513

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ericaa24

Kalok favorit aq di musium kretek kudus jawa tengah

10 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hi Ericaa24, apa nih yang bikin museum kretek jadi favorit kamu? Cerita dooong ;)

9 bulan, 4 minggu yang lalu
Ericaa24

Enaknya dikudus tempatnya asri nggak panas nggak bau sampah terus relatif deket sama rumah

9 bulan, 3 minggu yang lalu
Dhewi

Wah Banyak Juga Pilihannya... Bermanfaat Juga Artikelnya.

10 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, Dhewi! Wah, seneng banget dengernya :D Jadi, mau coba museum yang mana dulu, nih? XD

10 bulan yang lalu
Tampilkan komentar