Karena Gak Pacaran Juga Pilihan

Dan sendirian juga menyenangkan, kok!

Tanggapan kamu (3) Karena Gak Pacaran Juga Pilihan

Sebagian dari kamu mungkin gak menganggap pacaran itu sebuah keharusan. Tapi kadang, kamu merasa tertekan sama orang-orang yang maksa supaya kamu cari pacar.

Memang terdengar klise dan bukannya mau sok sibuk juga kayak presiden gitu, tapi kalo emang gak punya waktu untuk pacaran, gimana?

Kamu itu aktif banget: sering bantu ibu dan ayah atau juga kakak adik kamu; atau punya segudang to-do list setiap harinya; mungkin kamu juga punya kegiatan menyenangkan yang lumayan menguras waktu dan tenaga di ekstrakurikuler sekolah; atau kamu lebih senang menyendiri dan melakukan hal-hal yang kamu suka di kamar. Itu gak apa-apa banget! Keputusan untuk pacaran atau enggak, itu ada di tangan kamu. Kamu sendiri punya peran penting dalam menentukan pilihan-pilihan dalam hidupmu.

Akan tiba saatnya di mana kamu mulai tertarik dengan seseorang; merasa seperti geli di perut setiap kamu ketemu sama dia dan kamu jadi salah tingkah tiap dia memandang ke arah kamu. Wajar untuk mengalaminya, dan wajar pula untuk tidak mengalaminya!

Gak usah merasa tertekan saat orang-orang terdekatmu mulai nyuruh-nyuruh kamu untuk punya pacar. Bahkan kalo itu adalah ibumu, atau malah sahabatmu. Kamu bisa ngomong sama mereka dan bikin mereka paham tentang perasaan kamu dan kenapa kamu belum siap untuk punya pacar. Katakan dengan tenang dan jelas, dan kamu juga harus mendengarkan apa pendapat mereka dengan hati-hati. Ngobrolnya di tempat yang nyaman ya biar ngobrolnya makin asik. Itung-itung sekalian latihan juga menyuarakan pendapat dan menentukan pilihan sendiri.

Gak perlu juga ngerasa terbebani sama mereka yang terus-terusan nanya, “Kamu sukanya sama siapa?”

Kamu bisa kasih mereka pengertian: Kamu belum kepikiran pacaran, dan kamu bisa berteman dengan siapa saja tanpa harus ada perasaan suka.

Kamu bisa jelaskan ke mereka kalo pacaran itu bukan satu-satunya permasalahan yang harus dipermasalahkan, karena kamu, kita, semuanya, baik laki-laki maupun perempuan, bisa berteman dan memilih apakah mau menjalin hubungan spesial atau enggak.

Semuanya itu adalah pilihanmu. Kamu mau pacaran sama siapa dan kapan kamu mau pacaran, itu adalah keputusanmu!

Setuju?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Faiza

Setuju banget, aku juga belum pernah pacaran karena aku masih mau fokus sama sekolah

6 jam, 42 menit yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Faiza! Bagus kok! Semua orang punya pilihannya masing-masing, termasuk kamu!

5 jam, 43 menit yang lalu
Cassey_evelyn

Setuju parah sama artikelnya. Aku sekarang kelas 10 banyak temenku yang udah pacaran dan mereka...

Baca selengkapnya 1 tahun, 3 bulan yang lalu
Tampilkan komentar