Kamu gak bisa menipu cewek pintar!

Oleh Fariza

Tanggapan kamu (6) Kamu gak bisa menipu cewek pintar!

Aku sendiri takut banget kalo misalnya ada orang yang kita kenal dari internet tiba-tiba ngajak ketemuan. Apalagi sampai maksa buat dateng ke sekolah, ih, serem!

Kalo kamu alamin hal kaya gitu, kamu harus jadi cewek pintar dengan cara :

  1. Jangan mudah percaya sama dunia maya. Bisa jadi orang yang ngajak kamu ketemuan, di sosmednya pake foto punya orang lain dan pake nama samaran. Kan gak banget, kalo pas ketemu ternyata penampakan aslinya gak sesuai sama yang di sosmed.

  2. Jangan mudah tergoda. "Ah, tapi dia baik kok, buktinya dia sering ngirimin pulsa ke aku. Kan gak enak kalo aku nolak buat ketemuan.” Hello, kalian tau kan kalo seekor kambing juga pastinya dimanjain dulu dan dikasih makan yang banyak sebelum akhirnya dijadiin hewan kurban. Banyak modus kejahatan yang awalnya baik ke si korban. Pikir mereka, “Gak apa-apa keluar duit cuma berapa ribu, yang penting aksinya bisa berjalan mulus.” Jadi anggap aja pulsa dari dia itu sebagai 'rejeki nomplok' dan cukup bilang terima kasih atau kalo kamu ngerasa gak enak, kamu bisa balikin pulsanya dengan cara beliin balik ke nomor hp si cowok. Intinya kamu gak harus ketemu face-to-face sama dia.

  3. Negative thinking juga perlu! Gak ada salahnya loh kalo kita punya pemikiran negatif sama orang lain. Bayangin kalo misalnya pas ketemuan sama dia, terus ternyata dia mau ngerampok kamu gimana? Dia melecehkan kamu? Dia mau nyulik kamu? Dia mau berbuat jahat sama kamu? Nah, itu! Kadang net-thing juga ngebantu kita buat selalu hati-hati.

  4. Gak ada kata TERLAMBAT. "Tapi aku terlanjur ngasih tau alamat sekolahku, gimana, nih?" Hmm,. Kamu bisa langsung blok akun sosmed si cowok. Putusin hubungan komunikasi kamu sama dia. Kalo si cowok tau muka kamu kaya apa, saran aku sih sebisa mungkin kamu pake masker biar muka kamu tersamarkan. Kamu juga harus ceritain masalah ini sama orang dewasa yang terpercaya, bisa ke mama, kakak, atau ke guru BK di sekolah. Jadi, kamu bisa terus ada dalam pantauan mereka kalau terjadi apa-apa.

  5. Atur privasi akun sosmed. Dia nyamperin kamu ke sekolah? Padahal kamu gak pernah ngasih tau kamu sekolah di mana. Nah! bisa jadi dia tau sekolahmu dari Instastory yang sering kamu upload ! Makanya cepet ubah keprivasian akun sosmed kamu dan selektif dalam memilih follower dan teman di sosmed.

  6. Kalo kamu masih tetep mau ketemuan sama dia, kamu gak boleh pergi sendirian! Harus ada orang dewasa yang nemenin kamu dan ketemuan di tempat yang rame, supaya kalo ada apa-apa kamu bisa minta pertolongan.

Itu saran dari aku, semoga bermanfaat!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

azure

Makasih atas sarannya ya kak..

2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Sama-sama azure! Terima kasih sudah membaca artikel Springster. Semoga bermanfaat yaa! Masih banyak...

1 bulan, 4 minggu yang lalu
Sabila

Saran dan gambarnya bagus! Aku suka! Aku member baru disini ;) salam kenal ya kak!

5 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Sabila! Salam kenal juga dan selamat datang di Springster! Semoga banyak manfaat yang bisa kamu...

5 bulan yang lalu
Tampilkan komentar