Jadi Pendengar yang Baik, Yuk!

Gadis ini siap sedia 24 jam dengar cerita temannya!

Tanggapan kamu (14) Jadi Pendengar yang Baik, Yuk!

Pengen tau kan gimana bikin persahabatan yang kekal sampe jadi kakek-nenek? Penasaran kan gimana cara bikin hubungan pertemanan yang kental kayak saudara sendiri? Terus sering mikir kan, gimana cara biar selalu disukai semua orang dan selalu jadi orang pertama yang didatengin saat temen butuh pertolongan?

Buka telinga lebar-lebar, belajar jadi pendengar yang baik!

Kalian pasti ngerasain kan, bahwa kita, manusia, wah kalau udah cerita, bahasannya pasti nggak jauh-jauh dari topik ini nih: diri kita sendiri, sekolah, masalah sama ayah dan ibu, pacar, atau foto-foto kucing yang baru aja kita pelihara di rumah.

Yah, itu nggak berarti kita egois sih, itu semua alami kok.

Tapi kadang, kita sering nih udah asyik cerita tentang diri kita sendiri, sampe lupa kalo ada orang lain juga lho! Kita ga mendengarkan, pokoknya kita sibuk nungguin kapan lagi giliran kita buat ngomong. Pendengar yang baik? Hmm, itu nggak biasa lho — dan kayak benda langka lainnya, tentu aja orang pengen banget punya teman yang kayak gini.

Dengarkan
Lewat mendengarkan kamu bisa belajar buat ngerti orang lain. Hal ini juga nunjukkin kalo kamu menghargai dan perhatian sama apa yang temanmu bilang. Ini bukan berarti kamu ga punya pendapat kok, tapi kamu bisa ngasih orang lain waktu buat meluapkan emosi mereka. Ketika kamu lagi berada di sana, coba perhatikan cerita mereka, ya.

Simak
Apa gunanya sih terlibat dalam suatu percakapan kalo kita bahkan nggak berusaha untuk ngelihat orang yang lagi bicara? Kontak mata itu penting lho, biar orang yang ngobrol bareng kamu tau bahwa kamu 100 persen fokus sama cerita mereka. Kalo kamu pemalu — kita juga kok! — coba lakuin hal terbaik yang kamu bisa.

Anggukkan kepala juga nunjukkin kalo kamu punya perhatian ekstra di percakapan tersebut. Coba sambil bersandar ke depan biar terkesan santai. Jangan silangkan kakimu, karena itu bikin kamu terlihat menghakimi teman yang sedang bicara.

Dan Plis
Yang terpenting nih: Jangan. Sambil. Main. HP. Karena nggak sopan banget kalo kamu main HP saat temenmu lagi curhat. Kalo kamu emang harus banget buka HP, minta izin sama temanmu untuk ngecek HP sebentar. Gampang kan!

Temanmu Lagi Kesusahan, Jadi.... Kadang, masalah temanmu kecil. Kadang masalah mereka besar. Kadang masalah itu bikin mereka jadi orang yang salah. Apapun kondisinya, tiap orang pasti butuh teman buat bersandar — dan biasanya, buat nangis — juga.

Bisa jadi, masalah mereka terlalu besar buat kamu. Bahkan sampe bikin kamu pun jadi nggak bisa ngomong apa-apa dan ngasih saran buat bikin semuanya jadi lebih baik. Daripada bikin semuanya runyam, kalimat sesimpel “aku percaya kok kamu kuat dan bisa ngelewatin semua ini. Dan aku bakal ada terus buat kamu apapun yang terjadi,” bakal bikin temanmu senyum lagi.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Helda_-25

Paling suka dengar orang curhat tapi curhatan yang penting kalo ngak penting ya ngak didengar sih

1 tahun, 6 bulan yang lalu
Raja_kuas

Paling malas kalau denger orang mau curhat

1 tahun, 9 bulan yang lalu
Tampilkan komentar