Ikatan Retro: Edisi Idul Fitri

Kamu siap untuk kembali ke masa lalu?

Ikatan Retro: Edisi Idul Fitri

Hai, semuanya!

Idul Fitri telah tiba! Waktunya untuk keluarga, bukan? Kamu tau gak apa yang aku sukai pada saat seperti ini, mendekat dengan keluarga. Waktu ini ada pengalaman yang sempurna! Semakin aku mengenalnya, semakin beraninya aku untuk membicarakan tentang diriku sendiri. Kamu harus coba deh! Mungkin kamu punya beberapa hal yang mau kamu tanyakan ke orang tua, tapi enggak tau caranya. Ada beberapa tips nih:

Coba kamu pikir dukungan seperti apa yang kamu mau dalam hidup, tanyakan mereka - apakah mereka pernah memiliki masalah yang sama? Siapa yang membantu mereka saat mereka tumbuh dewasa? Apa yang mereka suka saat mereka masih kecil? Hal-hal semacam itu. Sambil mendengarkan cerita mereka, kamu bisa menanyakan tentang dirimu sendiri. Mungkin kamu mengalami hal yang sama. Sekarang mereka bisa membantumu dan menjadi pendukungmu.

Tip 1: Coba dan pikirkan apa yang udah mereka alami dan apa yang bisa kamu pelajari dari pengalaman mereka. Gimana kamu bisa menggunakannya untuk memulai pembicaraan dengan mereka?

Berkunjung ke rumah-rumah adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan karena memberimu kesempatan untuk berbicara dengan mereka. Misalnya, kalau kamu mampir ke rumah tetangga, kamu bisa bertanya tentang pengalaman mereka bersama keluargamu sebelum kamu lahir. Seru banget mengetahui hal-hal seperti ini. Jadi kalau kamu mau berbicara dengan mereka, kamu bisa mulai dengan menanyakan cerita mereka.

Tip 2: Gunakan pembicaraan tentang pengalaman mereka sebagai awal untuk membicarakan yang biasanya kamu anggap sulit.

Minta untuk melihat di mana mereka dibesarkan, terus tanyakan yang kamu mau. Seperti kalau kamu khawatir tentang sesuatu di sekolah, mintalah untuk melihat sekolah mereka dulu dan di sana, kamu bisa bertanya apakah mereka memiliki kekhawatiran selama mereka sekolah. Mungkin aja kamu memiliki kekhawatiran yang sama, jadi kamu bisa merasa kalau kamu enggak melewatinya sendiri.

Tip 3: Berbagi pengalaman membantu kamu merasa nyaman bersama mereka. Dengan begitu, kamu merasa nyaman untuk membicarakan tentang diri sendiri, hidupmu dan apa yang kamu alami dengan orang-orang yang kamu cintai. Itu perasaan yang paling luar biasa, mengetahui kalau kamu bisa bicara dengan mereka tentang apapun dan selalu mendapatkan dukungan mereka.

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kamu cintai penting banget! Jadi, bersenang-senanglah dengan mereka. Percaya deh, setelah ini, semuanya akan lebih seru. Kamu bisa mulai membicarakan apa aja. Nikmatilah!