Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

Yuk lindungi dan peduli sama lingkungan!

Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

Kalian merasa nggak sih kalo makin kesini bumi dan lingkungan yang kita jadikan tempat tinggal semakin rusak?

Ini terus terjadi karena kurangnya kepedulian kita sama lingkungan sendiri. Sikap kurang peduli ini seringkali dibarengin sama persepsi kalo mau menyelamatkan lingkungan kita harus melakukan hal-hal besar dan spektakuler. Padahal banyak loh hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk ikut membantu menyelamatkan bumi, nih beberapa diantaranya:

Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

1. Hemat listrik & air
Hemat dalam penggunaan listrik dan air adalah salah satu cara yang mudah untuk kita lakukan. Biar kedengerannya sepele menghemat listrik dan air bisa memberikan dampak besar buat keselamatan lingkungan. Nggak banyak yang tau kalo pasokan listrik di Indonesia belum terbagi rata, misalnya masih ada 45% penduduk di Indonesia yang belum bisa menikmati listrik, ironisnya kita yang punya akses listrik melakukan gaya hidup boros dan ga sadar kalo listrik adalah sumber daya yang harusnya dibagi rata untuk semua orang di Indonesia.

Sebenernya, Indonesia punya sumber air yang melimpah tapi buktinya belum ada manajemen sumber air yang baik. Hampir setiap musim hujan berkah air malah jadi banjir, dan musim kemarau memunculkan musibah kekeringan di beberapa daerah.

Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

2. Batasin penggunaan kertas
Kamu tau nggak kalo bahan utama untuk pembuatan kertas itu berasal dari pohon? Dibutuhkan 1 batang pohon untuk membuat 15 rim kertas ukuran A4. Dan, hampir 70% bahan bakunya berasal dari hutan. Nah, sekarang bisa kamu bayangin kan dampaknya buat lingkungan kalo kita mau berhemat dalam menggunakan kertas.

Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

3. Jangan mau pake kantong plastik
Plastik itu dibuat dari bahan yang nggak ramah lingkungan. Kamu bayangin aja, satu plastik membutuhkan waktu ratusan tahun biar bisa terurai sama tanah! Jadi, mulai sekarang kalo lagi ke minimarket dan kamu cuma beli satu barang kecil atau beberapa barang yang bisa dengan mudah kamu pegang mendingan tolak kantong plastik yang bakal kasir kasih buat kamu. Atau lebih bagus lagi kalo kamu bawa kantong belanja sendiri yang bisa kamu pake berulang-ulang.

Hal-hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan buat Menyelamatkan Bumi

4. Donasikan baju-baju bekas kamu
Kalo kamu punya banyak baju atau barang yang udah ga kepake, daripada dibiarin numpuk di kamar atau sampe kamu buang, mending kasihin ke orang-orang yang membutuhkan. Inget aja sama perkataan “barang yang nggak berguna buat kamu bisa jadi barang berharga buat orang lain” Kalo kamu udah bisa melakukan hal-hal sederhana diatas, saatnya kamu ngajakin keluarga dan temen-tememu buat melakukan hal yang sama!