Hak Kamu, Hak Aku Juga!

Kita semua berhak akan hal yang sama!

Tanggapan kamu (3) Hak Kamu, Hak Aku Juga!

Pada hari pertama sekolah, seorang kakak kelas menepuk pantat Utami. Ini bukan pertama kalinya pelecehan seperti ini terjadi, tapi ini saatnya untuk Utami bilang “Gak lagi-lagi!” ke mereka yang gak menghormati Utami, atau teman-teman lainnya. Jadi kali ini, Utami memutuskan untuk melawan orang tersebut, dan dia menang!

Gini cara Utami melawannya:

Pahami Hak-hak Kamu!

Utami tau perbuatan itu tuh gak benar. Dia tau kalau setiap orang punya hak untuk gak disentuh sembarangan atau dilecehkan, juga untuk selalu dihargai. Cewek dan cowok punya hak yang sama untuk belajar dengan nyaman! Jadi Utami gak setuju banget pas para guru bilang untuk “Biarin aja, nanti juga dia diam sendiri.”

Tingkatkan Kesadaran!

Utami mengumpulkan cerita-cerita dari cewek-cewek di sekolahnya yang juga mengalami pelecehan sepertinya. Utami kaget banget pas tau kalau ternyata banyak yang mengalami hal ini dan marah karena pelakunya gak dihukum! Utami pun membagikan cerita ini ke orang tuanya hingga akhirnya cerita ini sampai ke sekolah.

Jangan Dengarkan Haters

Mereka akan bilang ke kamu untuk diam aja. Tapi kalau suatu hal membuat kamu merasa gak nyaman, atau melecehkan hak-hak kamu untuk merasa aman, kamu harus berbicara! Seperti Utami, kamu bisa bicara ke orang yang kamu percaya, seperti kakakmu, orang tuamu, guru, teman, atau siapa pun yang bisa kamu andalkan. Dengarkan perkataan orang yang menyayangi kamu, jangan dengerin para haters!

Percaya Pada Dirimu

Kamu harus percaya kalau kamu punya kekuatan untuk mengubah ini. Jangan biarkan dirimu merasa kalau kamu kurang dari orang lain. Setiap hari, di seluruh dunia, cewek-cewek muda seperti kamu sedang mengubah hal-hal di sekitarnya menjadi lebih baik. Bahkan keberanian kecil seperti bertanya ke orang lain apakah mereka baik-baik saja, bisa memberikan dampak yang besar.

Dengan berbicara dan membagikan pendapatnya ke cewek-cewek lain, Utami bisa membuat sekolahnya mengubah keputusan mereka, kini sekolahnya pun setuju untuk memberikan hukuman bagi para pelaku pelecehan terhadap siswi-siswinya!

Kalau lain kali ada yang berani bilang kalau “biarin aja”, ingat, kamu punya hak untuk melawan! Gak perlu melawan seperti Utami, cukup dengan saling berbagi cerita dan melindungi teman-teman cewekmu yang bernasib sama. Karena jika bersama, suara kita semua bisa terdengar lebih keras!

Gimana menurut kamu? Apakah kamu bisa melakukan apa yang Tammy lakukan? Atau kamu punya cara lain untuk melawan hal-hal seperti ini? Ceritain, yuk!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Aku pernah ngalamin juga toh , tapi pas SD 😟 tapi tak seberani Tammy

2 minggu, 4 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Anonim! Wah gimana kamu ngadepinnya? Abis baca ini semoga kamu bisa jadi seberani Utami juga...

2 minggu yang lalu
Lindahadid
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Tampilkan komentar