Hadapi Bullying dengan Kepercayaan Diri!

Kamu selalu bisa mengandalkan dirimu sendiri, juga orang lain di sekitarmu!

Tanggapan kamu (9) Hadapi Bullying dengan Kepercayaan Diri!

Setiap orang pasti berbeda; punya keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Jadi beda itu gak apa-apa.

Tapi ada kalanya, orang lain gak bisa nerima perbedaan. Mereka nganggep kamu aneh, terus mengasingkan kamu, udah gitu mem-bully. ‘Merundung’, kalo dalam bahasa Indonesianya.

Terus harus gimana saat menghadapi perundungan? Percaya diri aja!

Jangan nyalahin diri sendiri

Saat dirundung, kepercayaan diri kamu bisa jadi menurun, tapi jangan pernah kamu menyalahkan diri kamu sendiri. Jangan mengucilkan diri dan mengiyakan apa yang mereka bilang. Jangan mengamini, setuju, apalagi merasa pantas untuk dirundung. Percayalah, diri kamu itu juga berharga dan berhak untuk dihargai

Jadilah kuat

Saat semua orang memojokkanmu, jangan terbawa emosi. Tetaplah tenang, dan hadapi semuanya dengan berani. Jadilah kuat! Senyum, dan berdirilah dengan tegak. Tegaslah; saat kamu merasa aman untuk melawan, bilang bahwa mereka gak berhak untuk melakukan ini pada kamu, atau pada siapapun.

Jangan takut dihakimi orang lain

Karena setiap orang berbeda. Ekspresikan lah dirimu tanpa takut! Kamu bukanlah alien meski apa yang kamu lakukan dan apa yang kamu suka berbeda dari orang lain. Lakukan yang menurut hati kecil kamu benar. Misalnya kamu suka pake baju warna kuning sementara temen-temen kamu nganggep itu norak, ya cuek aja! Gak usah takut dihakimi karena mereka juga gak berhak, tuh, untuk melarang-larang kamu.

Kelilingi diri dengan hal positif

Lingkungan itu punya pengaruh besar sama kamu. Selalu bersama orang-orang positif yang akan dengan senang hati membantu dan mendukung kamu apapun yang terjadi.

Perundungan bukanlah perbuatan yang bisa dimaklumi. Jadi, ingatlah untuk selalu percaya diri, tegas, dan gak segan meminta bantuan pada orang lain. Kamu pasti bisa!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Septianti

Dari sejak SD aku selalu dibully.rasanya pengap,sakit,malu.tp aku gk berani untuk melawannya..mereka...

Baca selengkapnya 9 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, @Septianti! Terima kasih sudah mau cerita di sini :) Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa...

Baca selengkapnya 9 bulan yang lalu
Ayunda_bachri

Aku jg kyk gini kak ,sampai aku jadi merasa rendah dan pesimis ,perbuatan sgt menyakitkan ,aku...

12 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, Ayunda_bachri! Jangan merasa rendah dan pesimis yaa, apa pun yang mereka katakan tidak akan...

Baca selengkapnya 11 bulan, 4 minggu yang lalu
Ayunda_bachri

Makasih ya kak sekar infonya

11 bulan, 4 minggu yang lalu
Tampilkan komentar