Haaaa? Harusnya Gratis?!

Apa yang kita bayar sekarang, bisa jadi harusnya gratis.

Haaaa? Harusnya Gratis?!

Pernah gak kamu ngeluarin uang untuk suatu hal, tetapi kamu ngerasa kalo hal itu adalah bagian dari hakmu; dan kamu gak seharusnya bayar itu?

Kalo hal-hal ini bikin kamu jengkel sekarang, berarti ini kesempatanmu untuk mulai bicara tentang itu! Nah, ini lah beberapa contoh hal yang mungkin ingin kamu bahas:

Haaaa? Harusnya Gratis?!

1. Pendidikan
Kita semua tahu bahwa pendidikan itu bagian dari hak kita sebagai warga negara. Hal tersebut dituliskan dalam Pasal 31 UUD 1945! Tetapi, saat ini pendidikan gratis hanya bisa dirasakan sampai jenjang SMP. Dan memang, beberapa sekolah bisa menerapkan kebijakannya sendiri. Mudah-mudahan kebijakan tersebut mempunyai tujuan yang jelas, tapi kalo gak jelas, mungkin kamu bisa melakukan hal ini: tanya mengenai transparansi dana kepada guru yang kamu kenal, lalu jika ternyata hasilnya gak begitu baik, kamu bisa mengirimkan petisi ke change.org. Ataaaau, kalau kamu mau yang lebih seru dan menyenangkan, kamu bisa bikin investigasi kecil-kecilan dan merekamnya dengan kamera, lalu unggah videonya ke kanal YouTube! Kayak mereka, nih! Yuk, kita wujudkan agar pendidikan bisa didapatkan semua anak secara gratis!

Haaaa? Harusnya Gratis?!

2. Identitas
Membuat kartu identitas atau KTP seharusnya tidak dipungut biaya. Dulu, memang banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan kesempatan ini. Jika kamu mau buat KTP dan ada pihak nakal yang coba minta selipan uang, jangan diam saja, ya! Harus segera laporkan ke pihak yang berwenang! Kamu bisa adukan hal ini ke website LAPOR--wadah resmi pemerintah untuk mengadukan keluhan. Atau kamu juga bisa langsung SMS ke 1708. Jangan lupa untuk cek dulu laporannya sebelum kamu kirim, ya!

Haaaa? Harusnya Gratis?!

3. Tips berupa uang
Yang namanya tip, udah pasti gak wajib diberikan. Biasanya, restoran ngasih biaya service and charge sebesar 5% yang fungsinya sama kayak tip. Kita sebetulnya berhak untuk menolak memberikan tip ini, terutama kalau kita ngerasa restorannya gak melayani kita dengan baik. Kita bisa bilang dulu secara sopan kepada staf restoran kalo kita gak senang--tapi harus tetap tenang--soalnya ini hak kita untuk bilang ke mereka. Lalu, kita juga bisa bikin ulasan di Tripadvisor, Zomato, atau Qraved untuk bantu mereka jadi lebih baik. Tetapi, kalo pelayanan yang diberikan cukup baik, gak ada salahnya, lho, untuk kasih tips!

Naaaah, kalo kita bisa mengutarakan hal-hal yang kita semua gak suka dan yakin kalau kita memang benar, kita pasti bisa bantu untuk ubah beberapa hal di atas!