Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

Tanam dan jual buah dan sayur ini dari rumah!

Tanggapan kamu (6) Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

Hei semuaaa! Selamat datang di Do It for Duit, mulai bulan ini, satu kali sebulan, Springster akan menghadirkan Do It for Duit, artikel-artikel kece tentang berbagai macam tips berguna untuk mendapatkan uang! Selain dengan bekerja sebagai pegawai atau buruh, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan berjualan, lo. Iya, kenapa gak jadi wirausaha aja?

Di bawah ini ada daftar sayuran dan buah-buahan yang mudah ditanam di rumah, kamu bisa gunakan lahan kecil di halaman rumahmu, atau menggunakan pot, terus bisa kamu jual deh kalau udah bisa dipanen! Iya, beneraaan, kamu bisa dapetin duit dari menjual sayur dan buah yang kamu tanam sendiri! Tapi jangan lupa untuk minta izin orang tua kamu dulu, ya.

Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

1. Tomat Ceri
Percaya gak percaya, tomat ceri bisa ditanam di pot, lho! Sayuran ini butuh banyak sinar matahari, sekitar 7-8 jam sehari. Jadi, pastikan kamu taruh di bawah cahaya matahari. Setelah 60-100 hari sejak ditanam, kamu bisa panen tomat cerimu yang manis!

Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

2. Cabai Rawit
Hei semua pencinta makanan pedas! Sekarang kamu bisa memilih sendiri cabemu buat pendamping makanan kesukaanmu! Kamu bisa tanam di pekarangan rumah, pot, atau polybag! Kamu cuma butuh menyiramnya sekali setiap 3 hari, atau setiap hari kalau lagi kemarau.

Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

3. Jeruk Nipis
Seperti dua sayuran di atas, jeruk nipis juga bisa ditanam di dalam pot! Cukup disiram sekali setiap 2-3 hari, hindari menyiram batangnya, dan voila! Kamu bisa punya jeruk nipis segar dari rumah sekarang!

Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

4. Mangga
Orang-orang suka menanam pohon mangga di rumahnya soalnya bikin adem halaman. Selain itu, buahnya juga enak banget! Pohonnya emang butuh tempat agak luas, dan sinar matahari. Tapi kamu tetap bisa tanam di rumah dan nikmati buahnya nanti!

Do It for Duit: Bertani dan Panen Uang dari Rumah

5. Pepaya
Kamu bisa panen buahnya dan masak daunnya! Selain itu, pepaya juga bisa ditanam di pot. Hmm, mungkin karena semua kebaikan itu makanya namanya pepaya dan bukan pepano!

Setelah kamu panen, kamu juga bisa panen uang dari mereka dengan menjualnya. Gimana caranya? Ikuti tips di bawah ini ya untuk menjual hasil panenmu sendiri:

  1. Kamu mungkin gak suka matematik, tapi itu dibutuhkan lo saat bisnis! Selalu hitung berapa uang yang kamu habiskan untuk modal, dan pastikan pendapatan kamu bisa menutup itu.
  2. Dapat untung yang besar emang menggoda, tapi kamu harus punya patokan harga dan pastikan harga kamu cukup kompetitif.
  3. Pastikan hasil panenmu tidak busuk atau terlalu kecil sehingga bisa dijual.
  4. Kamu gak harus jual di pasar kok, jual ke tetanggamu dulu saja, atau melalui medsos kayak Instagram atau Facebook.
  5. Promosikan kelebihan hasil panenmu ke calon pembeli, misal, hasil panenmu bebas pestisida dan kamu tanam mereka sendiri!

Selamat bercocok tanam dan berjualan, girls! Terus, kalau kamu punya saran lain tentang gimana cara mendapatkan uang, yuk berbagi di kolom komentar di bawah ini!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

San3

Bener banget saya sudah melakukannya

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, San3, kamu sudah mencobanya, kah? Terima kasih ya sudah berkomentar di Springster! Baca terus...

1 tahun, 1 bulan yang lalu
kia_putry_kiana

bagus banget kalo di coba

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, kia_putry_kiana! Selamat mencoba, ya!

1 tahun, 1 bulan yang lalu
Tampilkan komentar