Ding! Ada Video Jorok di Grup Chat!

Ini cara untukmu dan teman-temanmu mencegahnya!

Tanggapan kamu (2) Ding! Ada Video Jorok di Grup Chat!

Yang namanya grup chat, pasti isinya beragam macam orang, dengan berbaaaagai macam kepribadian. Wajar kalo cara pikir mereka berbeda dengan kita, termasuk juga cara mereka menyikapi video tidak senonoh yang viral.

Buat sebagian orang, nyebar-nyebarin hal viral kayak gitu tuh seru, kocak, dan cuma dengan intensi “bercanda”. Tapi, untuk kita yang gak ingin sama sekali untuk melihatnya, gimana? Nah, kamu bisa nih janjian sama teman-teman dekatmu untuk bikin semacem “rencana” buat menghadapi hal-hal kayak gini, tanpa dianggap nyebelin.

Jangan ikut menanggapi

Semakin bereaksi, temanmu yang jahil di grup itu malah akan semakin menjadi-jadi, dan makin ngegodain dengan membahasnya terus. Jadi, ya tidak usah ditanggapi. Diem aja, dan jangan berkomentar apapun.

Beri emoji sedih/marah

Jika diam belum cukup, kamu dan teman-temanmu bisa bombardir grup chat tersebut dengan emoji sedih atau marah, sehingga mereka tau gimana perasaan dan pendapat kalian tentang hal ini.

Simpati pada pelaku yang ada di video

Jangan pernah menghakimi, kita seharusnya iba dan merasa simpati terhadap pelaku yang ada di video.

Menyebarkan = melanggar hukum!

Lagian, menyebarkan pornografi itu melanggar hukum, lho!

Ding! Ada Video Jorok di Grup Chat!

Jika melanggar, pelanggarnya akan dipenjara maksimal 12 tahun, dan denda maksimal 6 Milyar Rupiah!

Jangankan menyebarkan, menyimpan produk pornografinya aja udah melanggar Pasal 6 UU 44 Tahun 2008!

Kenapa ini penting, dan kenapa kamu harus tau soal ini?

  • Untuk selalu aman, kamu harus tau gimana caranya menghindari hal-hal kayak gini mampir di hidupmu.
  • Supaya kamu tau jika hal seperti ini tidak seharusnya terjadi. Jadi jika hal serupa terjadi padamu, kamu tau kalo ini gak benar dan kamu harus bertindak tegas, yaitu melaporkannya kepada orang dewasa yang kamu percaya, yang akan membantumu memutuskan apa yang akan harus dilakukan selanjutnya.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Thari

Saya berharap agar di perketat keamanannya di media mana pun termasuk grup chat.....

8 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Ervina

Benar , saya juga setuju

2 bulan, 1 minggu yang lalu