Ceritain Rahasiaku ke Siapa ya?

Dan harus sejauh apa aku bercerita?

Ceritain Rahasiaku ke Siapa ya?

Apakah kamu punya rahasia? Wajar kok. Mungkin, kamu merasa kalau gak semua hal tentang dirimu itu harus dikasih tau ke orang-orang. Setiap orang punya privasi dan punya hak untuk memutuskan, siapa yang boleh dan gak boleh tau tentang hal pribadinya.

Tapi, kadang bicara itu membantu, dan pastikan kamu bicara pada orang yang tepat ya!

Tapi, gimana caranya aku tau kalau aku bicara dengan orang terpercaya yang tepat?

  • Pastikan kamu kenal banget orangnya. Tentu, dong! Kamu harus selalu hati-hati sama orang yang baru kamu kenal, kan kamu belum tau mereka kayak apa.
  • Mereka yang gak pernah bohong, pasti akan tulus —mereka akan menyimpan rahasiamu baik-baik, dan gak akan membocorkannya.

Lalu, siapa mereka itu? Bisa kakak atau adikmu, sahabatmu, orang tuamu, kakek nenekmu, atau om tantemu.

Apa kamu masih ragu cerita rahasiamu ke orang dewasa? Jangan khawatir, saat ada hal yang mengganggu pikiranmu atau ada sesuatu yang ingin banget kamu lakukan, orang tuamu atau siapapun yang membesarkanmu dari kecil hingga kini, pasti tau kamu orangnya seperti apa. Mereka pasti akan membantumu! Tapi tergantung juga dari gimana caramu memintanya. Springster punya beberapa tips untuk membantumu bicara pada mereka.

Bicara jika siap

Hanya bicara saat kamu mau dan kamu siap. Jangan dipaksain karena itu hanya akan bikin kamu makin cemas dan panik. Gak wajib kok, ngasih tau rahasiamu ke orang-orang, tapi kalo emang pengen, inget, lakukan jika kamu sudah siap ya.

Cari waktu yang tepat

Mungkin orang tua/walimu sibuk jadi mereka baru pulang larut malam, atau mereka lagi banyak pikiran. Nah tugasmu supaya kamu bisa tau waktu yang tepat untuk bicara dengan mereka, yaitu saat mereka lagi santai, dan saat lagi bagus mood-nya.

Bicara di tempat yang nyaman

Pasti akan ada banyak gangguan kalau kamu bicara hal yang serius di tempat yang ramai atau berisik. Jadi, selalu lebih baik untuk cari tempat yang nyaman seperti di dalam kamar, jadi lebih santai, tanpa gangguan.

Kalau memang mau, bicara sama seseorang —apalagi orang tua/walimu, akan sangat membantu. Kamu bisa kasih tau mereka mulai dari hal sepele yang kamu pikirin, sampe rahasia terbesarmu.

Jadi gimana, kamu punya rahasia? Sama siapa kamu biasanya bercerita? Apa kamu punya tips untuk bicara sama orang tua/walimu? Bagikan di kolom komentar dong, karena Springster juga penasaran, nih.