Cek Profilmu! Apakah Kamu Terlalu Terbuka di Sosial Media?

Ada hal yang gak boleh kamu sebar di media sosial!

Tanggapan kamu (1) Cek Profilmu! Apakah Kamu Terlalu Terbuka di Sosial Media?

Ngaku deh, kamu suka kan kalo orang-orang kenal kamu dan peduli sama apa yang kamu bagikan di dunia maya?

Tapi kamu tau? Terlalu mengumbar informasi personal di sosial media ternyata gak selalu berdampak baik.

Makanya, harus selalu waspada!

Mungkin ada saat di mana kamu harus menyertakan nama asli, email, nomor telepon, dan tanggal lahir kamu untuk registrasi. Dan kamu boleh memasukkan data tersebut setelah kamu memastikan aplikasi atau website-nya itu terpercaya.

Yang perlu selalu kamu ingat: share secukupnya dan hanya kepada orang-orang yang kamu kenal. Buat akun media sosialmu dalam keadaan privat atau terkunci, jadi kamu bisa menyeleksi friend request dan hanya accept mereka yang kamu kenal secara personal. Kamu gak mau kan mengambil risiko informasi kamu jatuh ke tangan yang salah, yang bikin kamu mengalami hal-hal serius seperti penipuan, spam, scam, juga pencurian identitas?

Selain hal-hal personal, ada juga harus kamu perhatikan;

Ngasih tau lokasimu
Memang seru sih nge-share foto makanan enak atau makanan aneh yang baru aja kamu makan, atau nge-post foto pohon estetik di deket rumah, atau mungkin sekedar ngasih liat keadaan teras depan rumah kamu. Tapi itu berbahaya lho! Orang yang punya maksud jahat mungkin banget memanfaatkan lokasi kamu dan jadi tau kamu ada di mana. Dan itu berisiko.

Ngasih tau jadwalmu
Saat kamu terlalu sering posting tentang jadwal kamu, itu juga gak baik. Orang yang berniat jahat jadi bisa tau kamu di mana, atau malah memanfaatkan jadwal kamu untuk tau dengan tepat jam berapa kamu atau keluargamu gak ada di rumah. Ngeri abis!

Ngasih tau tentang barang pribadi
Dan hal-hal kayak plat nomor kendaraan milik ayah kamu, tempat rahasia di mana biasanya kamu nyimpen kunci, ngasih tau ada berapa TV di rumah, atau malah pamer koleksi barang antik milik mama gitu, itu gak aman banget untuk kamu sebar. Hal pribadi seperti itu cukup disimpan sendiri, dan jangan diposting hanya karena kamu pikir itu akan bikin kamu terlihat keren.

Memang asik jadi terkenal karena ngeshare banyak hal dan dapet banyak likes karenanya, tapi, aman dari kejahatan itu lebih penting kan dari sekedar jadi populer di dunia maya?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar
Der

Kalau aku gk,walaupun aku ada ,media sosial gk ada aku kasih tau masalah pribadi aku ataupun...

1 tahun, 4 bulan yang lalu