Cara Jadi Orang yang Percaya Diri, Bukan Sombong

Kalau diteliti lebih jauh, kedua sifat ini beda jauh loh!

Tanggapan kamu (7) Cara Jadi Orang yang Percaya Diri, Bukan Sombong

Kamu kadang suka bingung gak sih,gimana cara tampil lebih percaya diri tanpa terlihat sombong?

Karena sekilas, orang PD dan orang sombong itu beda tipis.

Mereka sama-sama berani ngomong di depan banyak orang.

Mereka menjadi orang yang pertama untuk melontarkan komentar.

Mereka memiliki daya untuk memimpin topik dan arah obrolan, dan semua orang menyimak. Tapi, mereka juga gak bermasalah kalo orang lain yang memimpin, mereka santai aja karena mereka PD.

Tapi, kalo kamu perhatikan...kedua sifat ini berbeda lho! Apa sih bedanya? Gimana sih cara jadi PD tapi gak sombong? Simak penjelasan di bawah ini.

Orang sombong merasa lebih dari yang lain, sementara orang percaya diri memperlakukan semua orang dengan baik tanpa pandang bulu.
Merasa lebih cantik, lebih pintar, lebih baik, pokoknya semua yang lebih-lebih adalah karakter utama orang sombong. Mereka merasa perlu membandingkan diri dengan orang lain untuk merasa lebih baik tentang dirinya. Bedanya dengan orang percaya diri? Mereka gak perlu perbandingan, mereka udah nyaman dengan dirinya sendiri dan gak perlu pengakuan dari luar.

Tips: ‘Jadi diri sendiri’ mungkin terdengar klise, tapi kamu bisa kok cinta dengan dirimu sendiri mulai dari hal-hal kecil. Bikin perasaanmu nyaman dengan bilang gini ke dirimu, “Aku sama pintarnya, cantiknya dan baiknya seperti semua orang yang aku temui hari ini. Aku percaya kita semua mampu bersinar dengan cara kita masing-masing!”

Orang sombong selalu mikir dirinya paling benar
Semakin dewasa kan kita akan banyak berinteraksi dengan orang lain. Nah, pasti akan mulai bergesekan kan? Orang sombong, tidak akan mau terlihat lemah atau salah di depan orang lain. Kalo ada perbedaan pendapat, mereka cenderung memaksakan pandangan mereka dan gak mau mendengarkan orang lain.

Tips: Orang lain mungkin memiliki pendapat yang beda dengan kita... Belajarlah untuk menerima masukan dari orang lain dengan pikiran yang terbuka. Gak perlu merasa kesal atau kalah ketika pendapat atau ide orang lain memang lebih baik dari kita, kita jadi belajar sesuatu yang baru kan? Salah bukan berarti bodoh. Jangan kesal saat teman mengkritik sesuatu dari kita, terima ini sebagai masukan dan kamu akan menjadi lebih baik!

Orang sombong bukan pendengar yang baik.
Kalo lagi ngobrol, orang sombong cenderung fokus pada dirinya; prestasinya, kebaikannya, segalanya tentang mereka deh. Sedangkan orang yang percaya diri mau mendengar orang lain dan gak merasa perlu untuk selalu tampil keren di depan orang lain. Mungkin si sombong dan si percaya diri terlihat sama-sama pintar dalam berbicara, tapi motifnya beda. Yang satu untuk membuat orang kagum, yang satu lagi untuk menyuarakan isi pikirannya.

Tips: Ayo berani bicara dan terbuka untuk diskusi. Saling berbagi pendapat dan cerita bisa bikin kita saling terinspirasi dan termotivasi satu sama lain lho.

Nah, setelah kamu membaca semua ini gimana? Apa kamu udah bisa bedain mana ciri-ciri orang sombong dan mana yang percaya diri? Kira-kira kamu tipe orang yang mana?

Sikap percaya diri dibangun dari optimisme, yaitu dengan menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kita gak lebih tinggi ataupun lebih rendah dari orang lain. Kita semua sama-sama hebat!

Coba lihat di kaca, kamu unik dan kamu cuma satu di dunia ini. Begitu pula dengan teman-temanmu.

Jangan ragu untuk belajar dari orang lain, dan kalo kita melihat orang lain sukses, yakinlah kalo kita pun bisa menjadi seperti mereka asalkan kita mau mencoba dan berusaha! Masa jaman sekarang maunya pamer atau menyombongkan diri sih? Gak keren ah, memberi perhatian ke orang-orang di sekitarmu dan saling mendukung itu jauh lebih keren! Kalo kita udah nyaman dengan diri kita, otomatis kita akan terlihat percaya diri kok!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

MuslimahSejati

Wah ternyata seru ya jadi orang yang pd

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo MuslimahSejati! Seru dooong! Selalu jaga PD kamu tetap tinggi! Simak tipsnya di sini yuk! --->...

4 bulan yang lalu
Syifmal28

Waah,terimakasih banyak springster artikelnya sangat membantu

4 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Syifmal28! Terima kasih sudah membaca artikel Springster Senang sekali kalau kamu merasa...

Baca selengkapnya 4 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar