Butuh dan Ingin: Bedanya Apa?

Ingin ini, ingin itu banyak sekali. Tapi, apa kamu benar-benar butuh?

Tanggapan kamu (8) Butuh dan Ingin: Bedanya Apa?

Pernah gak sih kamu ke pasar untuk beli sesuatu yang kamu butuhin, tapi kamu malah beli sesuatu yang kamu pengenin?

Kalau ini sering terjadi ke kamu, berarti artikel ini harus banget kamu baca!

Pertama nih, yuk pahamin kalau butuh dan ingin itu dua hal yang berbeda. Butuh itu suatu kebutuhan, suatu hal pokok yang harus kita miliki supaya kita bisa berfungsi sepenuhnya sebagai manusia, sementara pengen itu sering kali cuma nafsu, sesuatu yang kita lakukan untuk memuaskan hasrat kita akan sesuatu.

Contohnya, sepatu itu kebutuhan, tapi sepatu merek tertentu itu hal yang kamu pengenin. Makanan itu kebutuhan, tapi makanan yang bisa kamu foto dan upload ke Instagram itu keinginan. Paham?

Selain itu, kamu sadar gak kalau apa yang kita pengenin itu kadang-kadang lebih mahal daripada apa yang kita butuhkan? Bukan berarti kita gak bisa memiliki apa yang kita pengenin, masih bisa kok, cuma kita harus prioritaskan yang kita butuhkan. Sisa uangnya bisa kita tabung untuk hal yang lebih penting, seperti pendidikan!

Jadi, apa sih nabung itu dan kenapa nabung itu penting? Nabung itu pada dasarnya memakai uang kita seperlunya dan menyimpan sebagian untuk kebutuhan lain. Nabung itu penting, selain untuk memenuhi kebutuhan kamu, kamu juga bisa jadi belajar gimana cara ngatur uang dengan bijak.

Jadi, gimana caranya supaya kamu bisa menahan diri dari membeli barang yang kamu pengenin aja dan nabung sebagian uangnya?

  • Selalu inget prioritas! Selama mereka berfungsi dengan baik, sepatu apa pun juga oke, gak harus bermerek atau mahal banget.
  • menabung itu adalah tujuan yang akan memotivasi kamu buat nabung. Misal, tujuan nabung kamu buat beli handphone baru. Kalau kamu baru mulai nabung, tujuan nabung kamu gak perlu langsung yang besar. Nah, dengan bikin tujuan menabung, kamu akan merasa menabung lebih penting dari menghamburkan uang. Kadang, mungkin kamu bakal merasa gak termotivasi buat nabung. Gak apa, kamu gak harus nabung dalam jumlah besar. Boleh kok, nabung dalam jumlah kecil setiap hari, asal dilakukan terus menerus, nanti juga jadi banyak!
  • Kasih tau orang lain tentang pilihan kamu. Gak perlu malu untuk bilang kalo kamu lagi nabung makanya beli barang yang harganya lebih ekonomis.
  • impan uang kamu di bank, dan minta orang dewasa yang kamu percaya untuk kamu menyimpan kartu ATM-nya, dan bilang untuk jangan kasih kartu itu ke kamu, kecuali darurat atau saat uang kamu cukup untuk membeli tujuan kamu menabung.

Gimana dengan kamu, girls? Apa kamu punya pengalaman dengan membuat tujuan menabung? Berbagi dengan kami, dong!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ervina

Ok kak makasih infonya

2 bulan yang lalu
Mîmîy

Kl aku ssah bnget , soalx kl aku nbung di sklah kl lgi lper gk than pengen mkannn trus , jdix uangx...

Baca selengkapnya 4 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, Mee! Springster punya tipsnya nih, supaya uangmu gak habis terus untuk jajan, yuk mulai...

Baca selengkapnya 4 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar