Bikin Teman-Teman Kamu Lebih Perhatian dengan Lingkungan

Kalo mereka ga percaya bumi udah rusak, kamu perlu cari cara lain buat ngeyakinin mereka

Bikin Teman-Teman Kamu Lebih Perhatian dengan Lingkungan

Aku cuma berusaha buat nyelamatin bumi. Percaya deh!

Setiap kali ke sekolah aku selalu memilih untuk naik sepeda, terus biar mengurangi sampah plastik aku selalu bawa botol minumku sendiri. Aku juga aktif melakukan kampanye tentang global warming di berbagai organisasi.

Bawa-bawa poster segede gaban, mohon-mohon ke orang-orang yang lewat buat tanda tangan petisi, itu udah jadi makanan sehari-hari buatku. Aku bukannya lagi ngeluh loh ini, aku malah suka melakukan ini semua.

Setiap hari aku selalu berusaha buat hidup ramah lingkungan. Tapi, emang nggak selalu mudah. Ada aja orang yang masih nggak ngerti tentang ini, dan yang bikin aku stress, orang-orang ini adalah teman-teman dekatku sendiri.

Teman-temanku malah ngerasa apa yang aku lakuin itu merepotkan. Mereka bilang begitu karena mereka ga ngerasain manfaatnya secara langsung. Katanya, daerah sekitar kita masih tetap kotor, di dalam hati aku merasa "ya iyalah, kalau cuma aku sendiri yang peduli lingkungan kan susah".

Suatu saat, ketika aku sedang berjalan-jalan ke toko buku dengan teman-temanku, mereka heran karena uang sakuku lebih banyak dari mereka. Sebenarnya ga juga sih, cuma karena gaya hidupku yang ramah lingkungan, aku jadi lebih hemat dari mereka. Karena aku selalu bawa minum sendiri dan naik sepeda ke sekolah, uang sakuku nggak terpakai buat beli air minum kemasan dan ongkos kendaraan umum atau bensin, jadi aku bisa pake uang sakuku buat beli hal-hal yang aku suka kaya buku. Teman-temanku pun mulai melihat kalau dengan memiliki gaya hidup ramah lingkungan, selain menyelamatkan bumi kita sendiri pun mendapat manfaatnya.

Akhirnya, mereka pun mau mencoba mengubah gaya hidup mereka jadi lebih ramah lingkungan. Sedikit demi sedikit mereka mulai memakai sepeda buat bepergian dan mengurangi penggunaan plastik mereka. Mereka mulai sadar kalo dengan hidup ramah lingkungan, selain menghemat kita juga menjadi lebih sehat. Lama-lama mereka juga makin ngerti pentingnya menjaga bumi, tempat tinggal kita. Bahkan, mereka mau coba membantuku di kegiatan-kegiatan lingkungan yang sering kulakukan! Perubahan itu ternyata memang harus diawali dari diri sendiri!