Bikin Menu Sehat Bareng Mama!

Bikin sesuatu yang baik buat tubuh kamu sesaat sebelum berbuka itu menyenangkan lho!

Bikin Menu Sehat Bareng Mama!

Menjelang buka puasa dan sahur biasanya aku ikut membantu ibu menyiapkan makanan. Makanan apapun yang ibu buat aku pasti suka. Tapi sayang, hampir semuanya makanan gorengan.

Ya, siapa sih gak suka makanan gorengan. Tapi setelah aku baca banyak artikel tentang makanan, makanan gorengan itu kurang baik untuk tubuh apalagi kalau makannya sering.

Ternyata seberapapun banyaknya aku makan gorengan, aku enggak mendapatkan banyak energi tambahan. Malahan aku jadi gampang capek selama puasa, meskipun udah makan banyak saat sahur.

Jadi, satu hari aku baca artikel di Springster dan dikatakan kalau remaja seusia kita harus banyak makan makanan bergizi, apalagi di bulan Ramadan, kamu butuh lebih banyak gizi. Jadi aku bilang deh sama ibu kalau aku mau bikin makanan yang lebih bergizi dan lebih sehat. Aku ingin sesuatu yang baru dan lebih sehat.

Ibu tanya aku ingin makanan seperti apa. Aku kasih ibu daftar makanan sehat yang aku mau kaya gado-gado, sop buah, sup ayam, kurma, tumis sayur dan buah-buahan. Ibu setuju, yeaaay!

Banyak membaca bikin aku semakin paham kenapa makanan sehat itu penting buat aku. Dengan banyak baca, aku jadi lebih yakin dan percaya diri kasih tau ibu makanan seperti apa yang aku butuhkan.

Gado-gado seperti yang kita tau, terdiri dari sayur-sayuran kayak kacang panjang, tauge, timun, tahu, tempe dan kacang. Udah sehat, enak pula! Enggak hanya itu, dari yang aku baca, sayuran itu punya banyak serat yang bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama, sedangkan telur, tahu, tempe dan kacang jadi sumber protein kamu sekaligus karbohidrat.

Untuk sop buah, aku bilang ibu untuk enggak pakai gula. Gulanya diganti sama air kelapa. Hmmm aku penasaran dengan rasanya!

Ibuku dan aku juga bikin daftar makanan sehat yang akan kami buat untuk sahur dan berbuka selama satu minggu ke depan.

Bantu Ibu menyiapkan makanan emang seru banget buat mengisi waktu. Aku enggak merasa begitu lapar saat sedang sibuk.

Oh iya, Ibu juga bilang kalau daftar makanan sehat ini bakal jadi menu sehari-hari aku setelah puasa berakhir. Aku senang banget karena aku bisa dapat gizi yang aku butuhkan sebanyak mungkin, horeee!