Berani Mudik Sendirian!

Cara supaya aman meski harus mudik sendirian

Berani Mudik Sendirian!

Untuk anak rantau, pulang ke kampung halaman adalah sebuah kemewahan. Gak ada yang bisa ngalahin sensasi ketemu lagi sama tempat, orang, dan suasana yang familiar.

Tapi, gimana kalo kamu harus mudik sendirian? Gak usah khawatir! Springster punya tips supaya kamu tetep aman meski harus mudik sendirian!

Jangan bawa barang berlebihan

Bawa seperlunya aja ya. Bawa pakaian yang bahannya paling ringan, dan jangan bawa sepatu banyak-banyak. Ini supaya semua barangmu bisa kamu taruh di dalam satu tas ransel, jadi bisa kamu pegang dan kamu awasi terus.

Tidak perlu pakai perhiasan

Copot perhiasan seperti anting, gelang, kalung, juga cincinmu, karena itu bisa mengundang tangan-tangan jahil.

Siapkan benda yang akan sering kamu keluarkan/pakai di tempat yang gampang dijangkau

Jadi kamu tidak perlu merogoh ke dalam tas, atau malah membongkar isi tasmu untuk mencari uang atau tiket yang kamu butuhkan. Taruh di dalam dompet kecil, dan taruh di bagian tas yang gampang kamu jangkau, tapi juga tetep aman dari pencuri.

Jangan duduk di tempat yang tersembunyi

Pilih kursi yang gampang terlihat oleh sopir, kenek, atau penumpang lainnya. Ini untuk mencegah kamu jadi target kejahatan.

Pasang alarm

Duduk di perjalanan berjam-jam pasti akan bikin kamu ketiduran. Dan keadaan lengah itu lah biasanya yang dimanfaatkan oleh orang jahat untuk beraksi. Makanya, pasang alarm tiap satu atau dua jam supaya kamu bisa selalu awas.

Pelajari sampai hapal betul rute dan patokan tujuanmu

Jadi kamu tidak kelihatan seperti linglung atau bingung. Soalnya, biasanya orang jahat bisa saja memanfaatkan kebingunganmu untuk aksinya.

Nah, gimana tips-tips di atas? Apa kamu mau mempraktekannya? Atau malah, kamu punya tips lain? Yuk berbagi sama teman-teman Springster lainnya! Di kolom komentar yaaaa~~~