Backpacking Keliling Indonesia? Kamu Juga Bisa!

Sekali-sekali ranselmu perlu diajak jalan-jalan!

Tanggapan kamu (2) Backpacking Keliling Indonesia? Kamu Juga Bisa!

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya banget budayanya. Kalo jalan-jalan dari Sabang sampe Merauke adalah impian kamu, musim liburan adalah waktu yang tepat buat menjalankannya!

Tapi kan waktunya nggak cukup ya? Uangnya juga…

Tenang! Backpacking adalah solusinya! Kami akan ngasih cara jitu biar kamu bisa nyobain backpacking pas liburan semester depan!

1. Rencanakan liburanmu
Tipe yang mana sih kamu? Lebih seneng liburan terencana atau spontan? Buat backpacking, mau ga mau kamu harus jadi lebih terencana. Karena hal yang begini-begini udah pasti harus kamu tentukan, kayak: kamu mau pergi ke mana, sama siapa, bakal ke mana aja selama di sana? Google adalah penyelamat kalian. Riset dulu di Google berapa biaya yang harus dikeluarin buat jalan-jalan ke daerah yang pengen didatengin, apa yang keren di daerah itu, mulai bandingin dengan tempat-tempat lain, daaaan cari tau gimana cara ke sananya. Karena, nggak lucu kan udah di jalan tiba-tiba kesasar atau ga tau harus ke mana. Ughhh tapi kan aku anaknya spontan kak? Kamu tetep bisa spontan kok! Cobain selfie dengan gaya nggak biasa, atau nyobain makanan khas daerah setempat yang nggak terduga.

2. Bikin tabungan liburan sama teman-teman
Mau backpacking rame-rame 6 bulan lagi? Cobain nabung rame-rame bareng temen kamu! Apalagi kalo kamu anaknya paling nggak bisa nyimpen duit sendiri. Rencanakan berapa uang yang mau dikumpulin per orangnya. Harus konsisten dan bikin sistem yang bisa mengatur kalian untuk bayar per bulan, per minggu, atau malah per hari. Yuk nabung liburan!

3. Survey transport dan penginapan
Kalo berangkat sama teman-teman kamu dan nggak terlalu rame, mungkin kalian bisa saling cek apakah kalian punya saudara di kota yang mau didatangin? Kalo iya, buat hemat biaya nginep nih, kalian bisa minta izin buat nginep di sana. Contohnya, kalian mau liburan ke Malang dan Tari punya keluarga di sana. Bisa jadi Budenya Tari mau mengizinkan kalian buat nginap di sana dan kalian dapet tour guide cuma-cuma karena Mas Anto, kakak sepupunya Tari, mau nganterin kalian jalan keliling Malang! Tapi kalo emang nggak ada saudara yang punya rumah di sana, kalian tetap harus survey dulu yaa. Banyak kok hostel dengan harga murah yang bisa kalian jadiin pilihan buat tempat menginap!

4. Bawa barang seperlunya
Ingat, kalian mau jalan-jalan, bukan mau kondangan! Kalian bakal banyak keluar, naik kereta, jalan kaki, naik angkutan umum, dan lain-lain. Bawa keperluanmu secukupnya aja dan jangan sampe merepotkan teman-temanmu dengan barang bawaan yang berlebihan.

TAMBAHAN! Bawa uang seperlunya dan sebelum berangkat siapkan uang pecahan kecil juga. Pisahkan pengeluaranmu, jadi nanti kamu ga akan ngerasa kalo uangmu bakal cepet habis. Caranya bisa dengan memisahkan mana uang makan, mana uang buat beli oleh-oleh, dan mana uang buat transport. Catat di notebook-mu biar ingat!

5. Jaga kesehatan
Jauh-jauh hari sebelom berangkat, jaga kesehatan kalian! Masa liburan sakit? Kan nggak asik. Kamu juga bisa ajakin teman-teman olahraga bareng buat jaga stamina kalian pas pergi backpacking nantinya.

6. Jaga diri saat jalan-jalan
Backpacking bikin kita belajar untuk lebih berani sama orang yang bakal kita temui dan bikin kita dapat teman baru. Tapi jangan lupa buat tetap waspada. Kalo misah dari rombongan temanmu, ingat kapan saatnya buat balik. Kalo kenalan dengan orang baru, atauuu kamu ketemuan di sana sama cyber friend-mu, baca artikel ini ya!

Semoga liburan backpacking-mu menyenangkan!

  • percayadiri
  • tujuan
  • masapubertas

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

irana

Aku tuh pengen banget liburan keliling Indonesia, bahkan aku pengen keliling dunia. Kayaknya seru,...

2 tahun, 2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Wah, keren banget, nih, rencanamu! Siapa tau nanti kumpulan tulisanmu itu bisa dikumpulin dan...

2 tahun, 2 bulan yang lalu